1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Kenali Gejala-Gejala Kepala Diserang Migrain

Orang yang mengalami migrain dapat merasakan gejala-gejala sebelum migrain datang.

By Azalia Amadea 28 Desember 2015 18:01
Ilustrasi migrain (Foto: ritchiechirohealth.com)

Money.id - Migrain merupakan gangguan sakit kepala kronis yang ditandai dengan sakit kepala ringan hingga berat. Penyakit ini seringkali berhubungan dengan gejala-gejala pada sistem syaraf otonom.

Sakit kepala migrain biasanya terjadi pada satu sisi kepala, namun dalam beberapa kasus rasa sakit mungkin terasa tersebar di seluruh kepala.

Foto: strelcheckchiro.com

Orang yang mengalami migrain sebelumnya dapat merasakan gejala-gejala sebelum sakit migrain itu datang. Gejala itu dapat dirasakan melalui melihat beberapa garis visual atau bintik-bintik.

Dilansir dalam laman boldsky.com berikut ulasan mengenai gejala-gejala sebelum terserangnya migrain.

Sakit kepala sebelah

Jika Anda merasakan sakit kepala hanya pada satu sisi saja dan sangat intens maka itu tanda Anda terserang migrain. Migrain dapat terasa seperti layaknya sakit kepala yang sangat tajam, kuat dan hanya pada satu sisi, bahkan rasa sakitnya sampai ke leher.

Merasa silau dan bising

Sakit kepala migrain dapat dipicu oleh akibat melihat cahaya yang terlalu terang sehingga terasa silau, serta merasakan kebisingan atau keberisikan akibat suara keras. Hal lain yang juga dapat menyebabkan migrain adalah disalah satu mata terasa sakit.

Perasaan tidak enak

Apabila seseorang ketika melihat ke arah lampu dan lampu terasa seperti berkedip-kedip, maka itu dapat menjadi salah satu tanda akan migrain. Hal ini dapat berlangsung selama kurang lebih 5 menit hingga 1 jam, sebelum akhirnya benar-benar merasakan migrain.

Depresi dan cepat marah

Anda mungkin mengalami perubahan suasana hati dan mungkin mendadak merasa depresi. Seseorang yang mengalami migrain juga dapat memiliki gejala-gejala seperti tersebut.

Gangguan tidur

Memiliki masalah atau gangguan pada jam tidur atau merasa tidur yang tidak nyenyak, dapat menjadi salah satu gejala akan migrain. Hal tersebut dapat terjadi ketika terbangun dari tidur di malam hari, lalu kesulitan untuk kembali tidur.

Mata berair dan hidung tersumbat

Orang yang sedang terserang migrain juga dapat terserang gejala seperti mata yang berair dan hidung tersumbat. Jika Anda mengalami gejala tersebut berbarengan dengan Anda merasakan sakit kepala, maka Anda telah terserang migrain.

Mual

Jika Anda merasa mual dan ingin muntah disertai dengan vertigo, maka itu merupakan tanda pasti terserangnya penyakit migrain.

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah migrain adalah segera meminum obat sakit kepala khusus migrain. Apabila dirasa tidak terjadi perubahan apa-apa sebaiknya langsung periksakan ke dokter.


Suka Artikel Ini? Klik Like

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section