1. HOME
  2. FRESH
KULINER NUSANTARA

40 Makanan Indonesia Ini Berhasil Go International

Meski ada negara lain yang mengklaim sate, tetapi orang Indonesia menganggapnya sebagai hidangan nasional karena...

By Stella Maris 10 Agustus 2016 09:03
Sate, Salah Satu Kuliner Favorit (Pixabay)

Money.id - Masakan khas Indonesia memiliki cita rasa kuat yang merupakan cerminan keberagaman budaya, hasil bumi, serta tradisi di Nusantara. Hal yang patut dibanggakan, menu khas masyarakat Padang, Sumatera Barat populer sampai ke luar negeri. 

Terpopuler adalah masakan daging sapi yang diolah dengan santan hingga kering alias rendang. Pada 2011, rendang masuk daftar urutan ke-11 sebagai makanan paling enak di dunia. 

Dikutip laman CNNGo, selain rendang, ada menu atau kuliner asli Indonesia yang dinilai memiliki rasa unik. Dari 40 kuliner Indonesia yang dikenal hingga ke mancanegara, berikut 10 daftar makanan yang paling populer. 

1. Sambal
Secara teknis sambal merupakan bumbu, yaitu saus berbasis cabai, kombinasi terasi, air jeruk nipis, gula dan garam yang dihaluskan dan menguggah selera. Sambal seolah-olah menjadi sajian yang wajib dihadirkan di setiap meja makan keluarga di Indonesia. Bahkan ada yang bilang hidangan tidak lengkap jika tidak menuangkan sambal. 

2. Sate
Daging sapi, ayam, kambing, domba, dan kelinci dipotong kecil-kecil, lalu direndam dalam bumbu. Sebelum dibakar, daging yang telah ditusuk itu dicelup ke saus kacang, kemudian dimasak di atas bara panas sehingga mengeluarkan asap berbau khas.

Meski ada negara lain yang mengklaim sate, tetapi orang Indonesia menganggapnya sebagai hidangan nasional karena banyak dijual di pinggir jalan. Sate di Indonesia juga banyak versinya, mulai dari sate madura hingga sate padang.

3. Bakso
Makanan dengan menu utama daging yang dibentuk bulat-bulat dengan kuah gurih ini mendadak populer di dunia internasional-ketika Presiden Amerika Serikat Barack Obama menyebutnya sebagai salah satu favoritnya saat berkunjung ke Jakarta pada November 2010.

Terbuat dari daging ayam, sapi atau kombinasi dari semuanya, bakso biasanya dijual menggunakan gerobak. Bakso dihidangkan dengan kuah yang ditaburi bawang merah goreng, telur rebus dan laksa.

SELANJUTNYA>>> Ini Makanan Campuran Suku...

Selengkapnya baca di sini! (poy)

 

BACA JUGA

(sm/sm)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section