1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Ini Alasan Urine Berbau Kopi Setelah Meminumnya

Berikut beberapa alasan mengapa urine Anda berbau seperti kopi setelah meminumnya.

By Azalia Amadea 7 Agustus 2016 13:05
Ilustrasi meminum kopi (telegraph.co.uk)

Money.id - Anda mungkin bertanya-tanya mengapa dokter meminta tes urine saat akan melakukan pemeriksaan medis? Jawabannya karena urine merupakan tempat pembuangan cairan yang tidak diperlukan tubuh. Selain itu, urine dapat menunjukkan kesehatan seseorang dan jenis makanan yang ia makan.

Melansir laman newhealthadvisor.com, Minggu 7 Agustus 2016, orang yang sehat akan menghasilkan urin yang tidak berbau dan berwarna kuning pucat. Jika ada gangguan kesehatan atau perubahan kebiasaan makan maka bau dan warna urine juga ikut berubah.

Begitu pula jika Anda telah meminum kopi maka urine Anda akan berbau kopi. Berikut beberapa alasan mengapa urine Anda berbau seperti kopi.

Pertama, karena Anda minum terlalu banyak kopi. Urine seperti bau kopi juga bisa disebabkan oleh dehidrasi. Anda mungkin berpikir 'saya minum orange juice dan urine saya tidak berbau seperti orange juice'. Memang, karena minum orange juice tidak akan membuat urin berbau seperti orange juice.

Masalah air kencing tercium seperti kopi karena dalam kopi terdapat zat kafein. Tubuh manusia tidak bisa mencerna kafein sehingga harus dibuang dalam bentuk cairan urine. Ginjal Anda melepas kafein dalam jumlah besar ketika Anda minum kopi dalam jumlah banyak sehingga menimbulkan urin yang baunya seperti kopi.

Untuk mencegahnya perbanyak minum air putih setidaknya dua liter per hari. Jumlah tersebut sudah cukup untuk mengeluarkan semua racun dalam tubuh. Semakin banyak air putih yang dikonsumsi, konsentrasi komponen yang membuat urine bau seperti amonia atau kafein akan berkurang.

Namun jika bau urine terlalu menyengat Anda dapat terindikasi penyakit seperti dehidrasi, infeksi saluran kencing (UTI), dan diabetes.

Selain kopi, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang akan membuat urine Anda menjadi bau. Di antara jenis makanan dan minum tersebut adalah asparagus, kare (mengandung ketumbar dan jintan), ikan salmon, petai, jengkol, alkohol, dan bawang putih.

Jika mengkonsumsi semua bahan makanan dan minuman itu dalam jumlah besar, maka urine Anda akan mengeluarkan bau tidak sedap dan warna kuning yang semakin terang. (dwq)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section