1. HOME
    2. FOODILICIOUS
KULINER

Ini 5 Kuliner Khas Surabaya Favorit Sisca Soewitomo

"Saya dari lahir hingga sekolah menengah atas (SMA) tinggal di Surabaya, jadi banyak sekali kuliner Surabaya yang saya sangat sukai."

By Azalia Amadea 5 Agustus 2016 15:25
Sisca Soewitomo (Money.id/Azalia Amadea)

Money.id - Sisca Soewitomo adalah salah satu pakar kuliner Indonesia sekaligus chef yang sudah terkenal sejak 1980-an. Sisca lahir 8 April 1949 di Surabaya, bakat memasaknya diturunkan oleh ibunya yang gemar memasak semasa ia kecil dahulu.

"Saya dari lahir hingga sekolah menengah atas (SMA) tinggal di Surabaya, jadi banyak sekali kuliner Surabaya yang saya sangat sukai," kata wanita berusia 67 tahun yang ditemui Money.id dalam acara Peluncuran Produk Philips di Jakarta, Rabu 3 Agustus 2016.

Kecintaan Sisca akan kuliner Indonesia memang besar, terlebih untuk beberapa kuliner khas kota kelahirnya berikut ini.

1. Rawon 

Rawon
© 2016 money.id/mangcook.com

Rawon merupakan salah satu sajian sup daging yang cukup unik. Uniknya sajian ini dikarenakan warna kuahnya yang hitam berasal dari bahan kluwek. Masakan ini memang sangat terkenal sebagai salah satu kuliner khas Surabaya.

"Saya paling suka rawon. Saya punya tips untuk membuat rawon enak yaitu pilihlah kluwek yang tidak pahit. Caranya, sebelum membeli kluwek cicipi terlebih dahulu jika pahit jangan dipakai," tambah ibu dengan tiga orang anak tersebut.

2. Rujak petis 

Rujak Petis
© 2016 money.id/reseponline.info

Rujak petis juga merupakan panganan khas asal Jawa Timur. Rujak petis biasanya terdiri dari irisan timun, bengkuang, mangga muda, kedondong, tahu, kecambah atau tauge, dan kangkung. Semua bahan disajikan dengan siraman saus atau bumbu yang terbuat dari petis udang, cabai, kacang tanah, bawang goreng, garam, gula merah, pisang muda, dan air.

Baca Juga

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section