1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

3 Trik Mudah 'Kinclongkan' Teflon yang Sudah Menghitam dan Berkarat

Berikut tiga trik mudah yang dapat Anda lakukan agar teflon kembali kinclong.

By Azalia Amadea 3 Agustus 2016 10:40
Ilustrasi perawatan teflon menggunakan garam (toriavey.com)

Money.id - Seringnya penggunaan teflon untuk memasak dapat membuat tampilannya menghitam. Warna hitam tersebut tidak dapat hilang jika hanya dengan dibersihkan menggunakan sabun pembersih saja.

Jika Anda memiliki teflon hitam, sebaiknya jangan dibuang. Melansir laman ibelieveicanfry.com Rabu 3 Agustus 2016, berikut tiga trik mudah yang dapat Anda lakukan agar teflon kembali kinclong.

1. Menggunakan oven

Trik pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan oven. Pertama panaskan oven hingga 177 derajat celcius. Selagi menunggu panas bersihkan teflon terlebih dahulu menggunakan sambun pembersih piring.

Setelah bersih, keringkan teflon dan lapisi dengan minyak zaitun, pastikan semua permukaan terlapisi minyak dengan benar. Masukkan teflon ke dalam oven selama dua jam dan lakukan proses ini sebanyak tiga kali. Sesudah itu, keluarkan oven dan dinginkan.

2. Menggunakan air cuka

Trik kedua Anda dapat menuangkan air cuka ke dalam baskom hingga setengah bagian dan setengah sisanya isi dengan air hingga baskom penuh. Kemudian rendam teflon selama kurang lebih tiga jam agar karat diteflon benar-benar terangkat.

Jika masih ada karat tersisa bersihkan teflon menggunakan sikat. Sesudah bersih pastikan teflon Anda cuci kembali dengan sabun hingga bersih. Keringkan teflon dan lapisi kembali dengan minyak, lalu masukkan dalam oven dan ulangi beberapa kali hingga teflon kembali seperti semula.

3. Menggunakan garam

Trik ketiga ini dapat Anda lakukan sehari-hari tepatnya trik ini digunakan sebagai cara untuk memelihara teflon agar tidak mudah menghitam dan berkarat. Caranya, setelah teflon digunakan langsung cuci bersih dan keringkan. Kemudian lap teflon dengan kain yang sudah direndam campuran air garam dan cuka, lalu bilas teflon dengan air hangat.

Selanjutnya, keringkan teflon dan lapisi kembali dengan minyak, lalu masukkan ke dalam oven. Lakukan hingga dua-tiga kali. Jika sudah, dinginkan teflon dan cuci bersih kembali.

Trik pertama dan kedua sebaiknya dilakukan cukup setiap dua-tiga bulan sekali saja. Sedangkan, trik ketiga dapat dilakukan sebagai langkah perawatan mencegah teflon agar tidak menghitam dan berkarat, selamat mencoba. (poy)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section