1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

6 Cara Menyimpan Buah dan Sayur Agar Tetap Segar

Rahasia agar sayur dan buah tetap segar di lemari pendingin, dengan memisahkan penyimpanan sesuai jenisnya.

By Azalia Amadea 2 Agustus 2016 09:09
Buah dan sayuran (healthyfoodbalance.com)

Money.id - Menjaga buah dan sayur tetap segar berhari-hari memang terasa sulit, meski sudah disimpan di dalam lemari pendingin. Alhasil sayur dan buah yang telalu lama disimpan, harus dibuang karena membusuk. Namun jangan khawatir ada cara mengatasinya. 

Melansir laman popsugar.com, Selasa 2 Agustus 2016, rahasia agar sayur dan buah tetap segar di lemari pendingin, dengan memisahkan penyimpanan sesuai jenisnya. Misalnya saja, jangan menggabungkan penyimpanan buah pisang dengan mangga.

Kedua buah tersebut mengandung gas yang disebut ethylene saat mereka matang. Gas tersebut dapat mematangkan pisang dan mangga yang lama kelamaan akan membusuk. Selain itu, masih ada tips lainnya yang dapat Anda lakukan, simak ulasannya berikut ini.

1. Jangan menyimpan kentang, bawang, dan tomat ditempat yang sejuk atau dingin. Udara dingin dapat membuat ketiga jenis sayuran tersebut cepat membusuk.

2. Untuk jenis buah-buahan seperti pir, persik, plum, kiwi, mangga, aprikot, alpukat, melon, dan pisang jika masih mentah, sebaiknya disimpan di ruang terbuka saja. Jika nanti sudah matang buah-buah tersebut baru dapat dimasukan ke dalam lemari pendingin.

3. Jika Anda ingin menyimpan sayur dan membuatnya tetap segar, sebaiknya simpan dalam kantung plastik yang tertutup rapat. Sesudahnya beri sedikit bolongan udara agar tidak lembap.

4. Untuk sayuran seledri, sebaiknya disimpan dalam lemari es, dengan cara membungkusnya menggunakan alumunium foil terlebih dahulu.

5. Wortel, selada, dan brokoli sebaiknya disimpan secara terpisah karena ketiga jenis sayuran ini mudah berair. Masukan ketiganya dalam plastik terpisah dan simpan dalam lemari es.

6. Usahakan tidak membeli sayuran dan buah-buahan dalam jumlah berlebiha,  agar tidak tersisa dan membusuk. Belilah dalam jumlah yang sekiranya cukup untuk Anda makan. (els)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section