1. HOME
  2. FOODILICIOUS
KULINER

Sumber Makanan Alami Ada di Tengah Kota Hong Kong

Triangular Oasis adalah salah satu lahan hijau di Hong Kong yang menjadi sumber bahan-bahan alami.

By Azalia Amadea 1 Agustus 2016 08:08
Hong Kong (cnn.com)

Money.id - Distrik Kwun Tong di Hong Kong begitu ramai dengan gedung-gedung pencakar langitnya. Namun siapa sangka, bahwa sebuah lokasi di distrik ini menyimpan area hijau yang tersembunyi yang disebut Triangular Oasis.

Di sinilah, Sunny Chan, seorang pecinta lingkungan di iNaturalist.org, menghabiskan banyak waktunya untuk meneliti tanaman asli Hong Kong. Chan kabarnya sudah menemukan dan mencatat hampir 5.000 jenis tanaman liar asli Hong Kong.

"Banyak warga Hong Kong yang sudah kurang peduli dengan alam. Mereka memandang alam sebagai gangguan," kata Chan, mengutip laman CNN Minggu 31 Juli 2016.

Menurut Chan, warga Hong Kong melihat tanaman sebagai gulma atau mengeluh bahwa serangga sebagai pengganggu, dan meminta pemerintah untuk membasminya. Kendati begitu, Hong Kong memiliki alam liar yang masih terawat dengan baik.

Mungkin hal pertama yang muncul dalam benak orang begitu melihat Hong Kong adalah gedung-gedung pencakar langit atau apartemen-apartemennya.

Namun, Hong Kong sebenarnya punya pantai yang indah, pegunungan yang menakjubkan untuk hiking dan lebih dari 150 mil persegi lahan hijau yang dilindungi. Sekiranya 40 persen wilayah Hong Kong berupa lahan hijau.

Karena itulah, menurut Wanda Huang dari GrowingSmart HK, kota ini secara mengejutkan menjadi tempat yang asyik untuk berburu sumber makanan alami, seperti berbagai jenis sayur dan buah asli Hong Kong.

"Ada begitu banyak jenisnya," kata Huang. Wanita yang lahir di China dan besar di Kanada ini sekarang tinggal di Hong Kong. Huang adalah satu-satunya ahli berburu sumber makanan alami di Hong Kong.

Keahliannya menjadi rujukan para chef kelas dunia yang sekarang sedang tergila-gila untuk menyediakan masakan berbahan asli dari alam.

Baca Juga

 

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section