1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FRESH

3 Langkah Mengolah Sayuran Agar Tetap Segar Saat Disajikan

"Jika Anda ingin memasak sayuran hanya satu kunci yang harus diperhatikan adalah waktu memasak."

By Azalia Amadea 4 Agustus 2016 11:02
Mengolah sayuran hijau memang terlihat mudah, namun sebenarnya Anda harus mengetahui cara tepat mengolahannya. Misalnya tidak terlalu lama, agar sayur tak menghitam, memunculkan rasa pahit, sehingga nutrisinya menghilang. 
 
"Jika Anda ingin memasak sayuran hanya satu kunci yang harus diperhatikan adalah waktu memasak," ujar Pakar Kuliner Nusantara, Sisca Soewitomo saat diwawancarai Money.id dalam acara Launching Produk Philips di Jakarta, Rabu 3 Agustus 2016. 

(Pakar Kuliner Nusantara Sisca Soewitomo © 2016 money.id/Azalia Amadea)

 
Wanita berusia 67 tahun itu juga menambahkan, terdapat tiga langkah praktis lainnya saat mengolah sayuran yang harus diperhatikan, yaitu: 
 
1. Air mendidih 
Jika ingin merebus sayur pastikan air benar-benar mendidih lebih dulu. Hal ini dilakukan agar ketika dimasak sayur cepat matang sehingga tidak perlu diolah terlalu lama. 
 
2. Masukkan sayuran
Setelah air benar-benar mendidih, masukkan sayuran hijau. Merebus sayuran hijau jangan terlalu lama cukup 1-3 menit saja, sampai sayuran terlihat layu lalu angkat. 
 
3. Air dingin 
Langkah terakhir, setelah sayuran layu langsung angkat, lalu rendam dengan air dingin atau air es. Air dingin dapat menghentikan proses memasak pada sayuran yang masih panas. Hal ini juga dapat membantu menjaga nutrisi dan warna sayuran agar tetap menarik.
 
Setelah ketiga langkah itu dilakukan, sayuran hijau dapat langsung dikonsumsi. Selain itu, Sisca juga mengingatkan jika ingin menumis, sebaiknya sayuran dimasukkan ketika bumbu sudah matang. 
 
Menumis sayur seperti bayam, kangkung dan sawi idealnya cukup 3-5 menit saja. Sementara sayuran berkuah, sebaiknya memasukkan bahan sayur mulai dari yang teksturnya keras lebih dulu, kemudian daun-daunan. (els)

 

(sm/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section