1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Ketagihan Gula? Ini 6 Cara untuk Menghindarinya

Berikut enam langkah untuk mengatur asupan gula agar tidak 'kecanduan'.

By Azalia Amadea 31 Juli 2016 17:10
Gula (independent.co.uk)

Money.id - Bila dikonsumsi berlebihan, gula bisa sama berbahayanya dengan alkohol dan nikotin. Di beberapa negara, gula terutama gula yang sudah diputihkan, tidak boleh diberikan kepada anak di bawah umur karena berbahaya.

Sekarang gula merupakan penyebab utama dari meningkatnya obesitas di setiap negara. Melansir laman boldsky.com Minggu 31 Juli 2016, berikut enam langkah untuk mengatur asupan gula agar tidak 'kecanduan'.

1. Menghindari pemanis buatan

Pemanis buatan akan merangsang daerah-daerah tertentu di otak untuk menghasilkan dopamine. Dan ketika kadar dopamine ini menurun setelah beberapa saat, Anda cenderung ingin agar dopamine tinggi lagi sehingga ingin makan gula lebih banyak lagi.

2. Minum air putih yang cukup

Tubuh yang dehidrasi sebenarnya hanya membutuhkan air putih meskipun Anda merasa seperti ingin minum yang manis-manis. Pastikan bahwa Anda minum cukup air putih untuk menghindari dehidrasi.

3. Makan sayuran hijau

Ketika Anda makan makanan bergizi, tingkat energi Anda akan terjaga dan ini akan membantu Anda menjauhi gula.

4. Menjaga gula darah tetap stabil

Pastikan bahwa Anda membagi kebiasaan makan tiga kali sehari menjadi 6 makan kecil sehari. Ini akan menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil.

5. Melakukan meditasi

Meditasi dapat membantu Anda bersantai dan mengalahkan stres. Sebenarnya, stres juga dapat menyebabkan ketagihan gula. Jadi, temukan cara untuk mengatasi stres.

6. Mengkonsumsi makanan fermentasi

Yogurt dan kefir dapat meredakan keinginan untuk memakan makanan manis. Masukkan yoghurt dan kefir ke dalam menu diet Anda.

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section