1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Catat, 5 Sayuran Ini Lebih Sehat Jika Dimasak Dahulu

Karena ada beberapa kandungan bergizi yang lebih mudah dicerna saat dimasak.

By Rizki Astuti 24 Juli 2016 17:00
Sayur-sayuran (kingofwallpapers.com)

Money.id - Ada yang bilang makanan mentah lebih baik daripada yang sudah dimasak. Nyatanya hal itu tidak selalu benar.

Misalnya sayuran. Karena memasak beberapa jenis sayuran terlebih dahulu sebelum dimakan sebenarnya akan membantu tubuh mencerna struktur sel keras didalamnya dan membuat lebih mudah diserap sebagai nutrisi.

Melansir dalam laman Indiatimes, berikut adalah beberapa sayuran yang ternyata lebih sehat jika dimasak.

1. Wortel

Wortel baik untuk penglihatan berkat kandungan beta karotennya yang tinggi. Namun tubuh sulit mencerna kandungan itu jika Anda memakan wortel dalam keadaan mentah. Tapi memasak wortel akan meningkatkan kadar beta karoten dan membuatnya lebih mudah dicerna oleh tubuh.

2. Bayam

Bayam kaya akan kalsium, magnesium, lutein dan antioksidan. Ketika Anda memasaknya tubuh akan mudah menyerap semua kandungan bermanfaat itu dengan cepat dan lebih baik.

3. Kale

Kale adalah sayuran yang kaya serat dan membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Tetapi ketika dimasak atau dikukus, khasiatnya akan bekerja seperti sihir. Kale membantu menurunkan kolesterol dan juga menurunkan berat badan.

4. Jamur

Jamur tidak hanya terasa lebih enak ketika dimasak tapi juga lebih aman untuk dimakan. Jamur memiliki struktur sel yang sangat kuat, sehingga memasaknya sampai matang akan membantu mengeluarkan nutrisi yang dikandungnya. Selain membuatnya lebih mudah dimakan, memasak jamur juga akan menghilangkan racun di dalamnya.

5. Tomat

Tomat kaya akan lycopene yang membantu tubuh untuk melawan penyakit jantung dan kanker. Namun sulit bagi tubuh untuk menyerap likopen ketika tomat dimakan mentah. Karena itu tomat lebih baik dan lebih menyehatkan dimakan setelah setelah dimasak.

Baca Juga

(ra/ra)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Fresh Section