1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Sudah Lulus Kuliah? Ini Tips Cara Cepat Mencari Kerja

Walau bekerja cepat tidak menjamin Anda kaya, namun pekerjaan tetap saja diperlukan.

By Dian Rosalina 20 Juli 2016 15:10
Ilustrasi Freshgraduate (theoddeyseyonline)

Money.id - Mungkin banyak pertanyaan yang sampai kepada Anda saat sedang menjalani skripsi. Ya, dimana akan bekerja setelah lulus nanti.

Faktanya, cepat lulus dan mendapat pekerjaan bagus tidak selamanya menjamin taraf hidup Anda naik seiring tingginya gaji yang Anda terima. Selain itu, lulus cepat juga tidak menjamin Anda memiliki pekerjaan yang bagus.

Walaupun kedua alasan tersebut tidak menjamin Anda langsung mendapat kesejahteraan hidup yang Anda inginkan, tetap saja pekerjaan memang diperlukan. Dilansir dari Cermati, Rabu 20 Juli 2016, jika Anda ingin mendapatkan pekerjaan dengan cepat, intip trik berikut ini.

Lihat Rata-rata Gaji Profesi yang Anda Inginkan

Pertama yang harus Anda perhatikan sebelum melamar pekerjaan adalah mengetahui berapa rata-rata gaji profesi yang diinginkan. Bagaimana caranya? Anda bisa melihatnya di berbagai situs pencarian kerja untuk membandingkan gaji profesi yang akan Anda pilih.

Dengan membandingkan rata-rata gaji yang Anda inginkan, agaknya bisa menjadi pertimbangan Anda untuk melamar pekerjaan tersebut. Hal lain yang menjadi perhatian adalah ketika kamu sudah melamar dan masuk dalam tahap wawancara, di sinilah pentingnya informasi mengenai rata-rata pekerjaan di kantor yang Anda lamar.

Sehingga saat sesi pertanyaan mengenai jumlah gaji yang kamu inginkan, kamu tidak terkesan menjual dirimu terlalu mahal untuk ukuran fresh graduate

Jangan Mudah Tergiur Nama Besar Perusahaan

Banyak pelamar yang mempertimbangkan nama besar sebuah perusahaan ketika ia melamar pekerjaan. Namun nama kantor yang besar dan terkenal tidak menjamin Anda mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang tinggi.

Meski Anda mendengar kabar mengenai jumlah gaji yang Anda terima bila bekerja di posisi tertentu dalam kantor tersebut, mungkin pada kenyataannya tidak demikian. Perusahaan besar cenderung memiliki banyak peminat kerja dan karyawannya.

Hal tersebut justru membuat perusahaan harus lebih pintar-pintar memberikan gaji serta tunjangan kepada pekerjannya. Sebaliknya, menjadi pekerja di perusahaan kecil juga tak menjamin bahwa kamu akan mendapat gaji yang kecil juga. Perusahaan skala kecil menengah biasanya membutuhkan lebih banyak pekerja dan mereka biasanya bersedia membayar lebih tinggi dari perkiraan Anda.

Mengukur Kemampuan Diri

Menyadari batas kemampuan diri penting untuk disadari dan diakui. Walau Anda memiliki sederet nilai A dan B dalam transkip nilai, tapi kinerja Anda tidak mencerminkan itu.

Kemampuan untuk bisa mengukur kemampuan diri menjadi poin yang cukup dilirik oleh para perusahaan. Sebab mereka menginginkan pribadi yang bekerja secara ikhlas, mampu membagi waktu, bisa membagi kapan harus serius dan santai, dan bisa bekerja di bawah tekanan.

Jangan Mudah Menyerah

Orang yang tidak mudah putus asa dan menyerah ketika menghadapi situasi sulit di kantor adalah orang yang dicari oleh sebuah perusahaan. Ketika kamu dihadapkan pada dunia kerja, tidak ada orang yang peduli bagaimana perjuanganmu ketika mendapatkan sesuatu yang kamu inginkan.

Mereka justru akan berlomba saling menjatuhkanmu – beberapa kasus sudah sering terjadi. Maka, kamu tidak boleh mudah menyerah di tengah jalan, sebaliknya kamu harus melawan keadaan terhimpit itu dengan kemampuanmu saat bekerja.

Percaya Diri

Anda sudah memiliki pengetahuan dan kemampuan diri yang begitu memukai dalam daftar riwayat hidup. Sekarang saatnya Anda menunjukkan pada dunia kalau dua hal itu bukan hanya soal teori tapi bisa juga diterapkan dalam dunia kerja.

Polanya hampir sama, Anda harus bekerja dengan keras dan pintar yang didukung oleh pengetahuan mengenai teori dan praktek yang pernah Anda jalani saat kuliah. Yang terpenting Anda harus percaya diri dalam melakukannya. (dwq)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section