1. HOME
  2. FRESH
TRAVEL

Mau Menginap di Pulau Terbaik Dunia di Bintan? Siapkan Uang Ini

Untuk menginap di pulau ini, tidak semahal berlibur di private island lain di dunia.

By Abdul Kharis 14 Juli 2016 17:16
Pulau Nikoi (eljohnnews.com)

Money.id - Pulau Nikoi yang terletak di Kepulauan Riau terpilih sebagai The Best Private Island 2016. Pulau pribadi seluas 16,9 hektar ini berada sejauh 8 kilometer atau 5 mil dari pantai timur Kabupaten Bintan.

Penghargaan dari majalah wisata terkemuka Conde Nast Traveller ini tak sembarangan. Kedahsyatan alam, fasilitas dan pelayanan Pulau Nikoi berhasil mengalahkan pulau pribadi lainnya seperti Pulau Amanpulo di Filipina, Turtle Island Fiji, hingga Pulau di Danau Malaren Swedia.

Meski demikian, Majalah Conde Nast Traveller mengklaim, untuk menginap di Pulau Nikoi, tak semahal pulau-pulau pribadi lainnya di dunia.

"Sekarang memang sudah ada sejumlah pulau private di Filipina yang tergolong bagus seperti Ariara dan Amanpulo. Tetapi, harga resor di sana cukup selangit. Sebuah kamar di Amanpulo menawarkan biaya US$1.375 per malam, sedangkan Ariara biayanya US$715 per orang, per malam. Semakin kecil kelompok Anda, semakin mahal," ulas Conde Nast Traveller.

Mengutip dari kemenpar.merdeka.com, Kamis14 Juli 2016, untuk satu kamar tidur vila di Pulau Nikoi untuk dua orang di hari kerja, dikenakan biaya US$375 atau senilai Rp4,9 juta. Sementara untuk akhir pekan, biayanya US$500 atau setara Rp6,5 juta.

Meski dibuka untuk umum, tapi tidak mudah masuk ke pulau ini. Pengelola hanya memberikan kesempatan kepada 42 wisatawan dalam sehari, itu pun jika tidak ada booking-an khusus dari wisatawan lain. Jika pulau ini sudah di-booking, maka tidak ada orang lain yang bisa masuk.

Pulau Nikoi itu berada pada 85 kilometer atau 53 mil sebelah tenggara Singapura. Pulau ini disewa oleh Andrew dan Julia Dixon, pasangan yang berasal dari Australia. Mereka mulai mengelola pulau ini saat berkunjung ke Bintan, Kepulauan Riau pada 2005.

Andrew membangun resort butik dengan nama Nikoi Island, yang sudah dibuka sejak 2007, sampai tahun 2010 tetap konsisten dengan 15 resor di tepi pantai, sebelum saat ini menjadi 48 vila.

Pulau Nikoi juga pernah menjadi runner-up di Wild Asia's 2009 Responsible Tourism Awards, untuk kategori operator akomodasi kecil dan menengah.

Baca Juga:

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section