1. HOME
  2. FRESH
FRESH

5 Bahan Alami untuk Hilangkan Rasa Terbakar pada Lidah

Burning Mouth Syndrome (BMS) atau lidah terbakar dapat disembuhkan dengan lima obat alami berikut ini.

By Azalia Amadea 12 Juli 2016 09:05
Ilustrasi lidah terbakar (multidict.net)

Money.id - Apakah Anda pernah merasakan lidah seperti terbakar? Biasanya rasa lidah terbakar (kebas) disebabkan oleh makanan atau minuman panas. Keadaan makanan atau minuman yang terlalu panas ketika dikonsumsi dapat membuat permukaan lidah memerah dan terasa perih.

Lidah terbakar yang dalam istilah kedokteran disebut Burning Mouth Syndrome (BMS) dapat membuat makan menjadi terasa tidak enak dan lidah mati rasa. Melansir laman boldsky.com Senin 11 Juli 2016 ada beberapa obat alami yang dapat menyembuhkan lidah terbakar, sebagai berikut.

Soda Kue

Bubuk baking soda atau soda kue dapat menetralisir asam di mulut yang menjadi penyebab utama rasa lidah terbakar. Caranya cukup dengan berkumur menggunakan larutan soda kue maka rasa lidah terbakar akan segera hilang. Selain itu, larutan soda kue juga dapat membantu infeksi pada mulut.

Madu

Madu juga dapat menjadi obat alami untuk menyembuhkan rasa lidah terbakar. Minuman manis ini juga memiliki sifat antiseptik yang dapat mencegah infeksi pada mulut. Caranya cukup dengan mengoleskan madu pada permukaan lidah yang terbakar, kemudian diamkan beberapat menit.

Es Batu

Meski bersifat sementara tapi menempelkan satu buah es batu pada permukaan lidah yang terbakar dapat menghilangkan rasa perih. Anda juga dapat memakan es batu untuk mencegah peradangan pada lidah yang terbakar.

Permen Karet

Mengunyah permen karet dapat meningkatkan produksi air liur dalam mulut sehingga menjaga mulut tetap basah. Selain itu, permen karet juga dapat membantu menghilangkan rasa perih pada lidah dan menyegarkan mulut.

Makanan Hambar

Makanan hambar seperti nasi putih, roti tawar, atau sayur-sayuran ternyata juga dapat membantu menghilangkan rasa kebas pada lidah. Hindari memakan makanan pedas karena hanya akan memperburuk kondisi lidah yang terbakar dan membuat semakin terasa perih. (dwq)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section