1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Tradisi Pemakaman Unik Ini Hanya Ada di Bali

Jenazah dimakamkan hanya diletakkan di atas batu besar di tiga lokasi tertentu.

By Abdul Kharis 12 Juli 2016 08:37
Makam di Desa Terunyan, Bali (wisatabaliutara.com)

Money.id - Indonesia memiliki budaya yang beranekaragam dan unik. Salah satunya adalah adat istiadat pemakaman di Desa Terunyan, Bali. 

Diketahui jenazah dimakamkan hanya diletakkan di atas batu besar di tiga lokasi tertentu. Uniknya setelah berhari-hari, walau tak dibalsem dan tetap mengalami proses penguraian, jenazah tersebut tidak menyebarkan bau busuk.

Mengutip dari Banglikab.go.id, Selasa, 12 Juli 2016, jika ingin berkunjung dan melihat adat istiadat pemakaman ini, Anda bisa datang ke sebelah timur tepi Danau Batur.

Tradisi pemakaman di desa ini terbilang menarik dan hanya ada di Bali, karena jenazah tidak dikuburkan. Jenazah hanya dipagari dengan bambu anyam secukupnya.

Desa Terunyan memiliki tiga jenis kuburan, masing-masing kuburan diperuntukkan tiga jenis kematian yang berbeda. Seseorang yang meninggal secara wajar, jenazahnya akan ditutup dengan kain putih, disiapkan upacara, dan diletakkan tanpa dikubur di bawah pohon taru menyan.

Nama tempat peletakkan jenazah ini adalah Sema Wayah. Cara pemakaman tanpa menguburnya dikenal dengan sebutan mepasah, jenazah hanya diletakkan di atas tanah dan dibiarkan di udara terbuka.

Untuk orang yang meninggal karena hal yang dianggap tak wajar, seperti dibunuh dan bunuh diri, maka jenazahnya akan diletakkan di lokasi yang bernama Sema Bantas.

Selain Sema Wayah dan Sema Bantas, ada lagi tempat yang bernama Sema Muda. Tempat ini adalah tempat khusus untuk mengubur bayi dan anak kecil, atau warga dewasa tetapi belum menikah. (els)

 

BACA JUGA

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section