1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Tak Hanya Untuk Rujak, Buah Gandaria Juga Mampu Jaga Kesehatan Kulit

Buah ini sering dikonsumsi sebagai rujak atau campuran sambal dan ternyata baik untuk kesehatan tubuh.

By Abdul Kharis 8 Juli 2016 18:10
Buah gandaria (en.wikipedia.org)

Money.id - Buah gandaria yang sering dikonsumsi sebagai rujak atau campuran sambal dan ternyata baik untuk kesehatan tubuh. Buah yang memiiliki nama ilmiah Bouea macrophylla Griffith itu kaya akan vitamin dan serat.

Gandaria sendiri banyak memiliki kandungan nutrisi. Olahan yang bisa dibuat dari buah ini selain untuk rujak, bisa juga dibuat asinan. Bahkan manfaat buah gandaria ini bisa dibuat olahan bumbu masakan.

Kandungan yang kaya dari buah ini adalah air, vitamin C, dan seratnya. Itu membuatnya memiliki banyak khasiat untuk tubuh, salah satunya adalah baik untuk kesehatan kulit.

Buah ini berasal dari daerah-daerah Asia Tenggara, namun di Indonesia, gandaria memiliki persebaran yang tidak banyak. Buah ini menyebar di Pulau Sumatera, sebagian Jawa, Maluku, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, dan Papua.

Mengutip dari benefitsofplants.com, Jumat, 1 Juli 2016, berikut adalah empat manfaat buah Gandaria untuk kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan kesehatan kulit

Kandungan vitamin C dalam buah ini cukup banyak. Hal ini membuat buah ini baik dalam membantu pembentukan jaringan kolagen yang menyehatkan kulit.

Selain itu, kandungan betakaroten yang ada dalam buah ini memberikan vitamin yang baik untuk kulit. Serta kandungan air yang banyak, akan senantiasa membantu melembabkan kulit, sehingga kesehatan kulit kita akan tetap terjaga.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan air yang kaya pada buah ini turut membantu proses penyerapan zat besi ke dalam tubuh lebih efektif. Manfaat air yang ditunjang dengan kandungan zat besi yang terdapat pada buah ini, akan meningkatkan ketahanan tubuh terhadap infeksi kuman ataupun virus yang menyerang tubuh.

3. Mengatasi sariawan

Konsumsi Gandaria akan membantu proses penyembuhan sariawan, karena buah ini mengandung banyak vitamin C. Manfaat buah-buahan yang mengandung vitamin C, juga turut membantu menyembuhkan gusi berdarah.

4. Melancarkan peredaran darah

Buah gandaria memiliki kandungan air yang banyak seperti halnya manfaat buah naga. Meminum jus buah gandaria memberikan asupan air yang baik bagi peredaran darah kita menjadi lebih lancar.

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section