1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Surga Tersembunyi di Hutan Nusa Tenggara Timur

Menuju panorama indah ini, Anda harus berjalan kaki sejauh satu kilometer untuk masuk ke dalam hutan.

By Abdul Kharis 7 Juli 2016 14:14
Air Terjun Tiwu Wali (manggaraikab.go.id)

Money.id - Wisata alam Tiwu Wali di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, selalu menyajikan panorama indah. Hamparan hijau tersembunyi di tengah hutan bagai karpet raksasa memanjakan mata saat melintas di sana.

Untuk mengunjungi objek wisata ini, Anda harus melakukan perjalanan dengan mengendarai sepeda motor atau mobil ke Kampung Ruis. Setelah itu, Anda berjalan kaki sejauh satu kilometer untuk masuk ke dalam hutan.

Mengutip dari manggaraikab.go.id, 7 Juli 2016, gugusan pegunungan Mandosawu yang terentang dari timur hingga barat seakan memperkuat kesan keindahan sebagai ikon pariwisata alam di salah satu kabupaten Provinsi Nusa Tenggara Timur tersebut.

Hampir tak terbilang jumlah mata air yang keluar dari Tanah Manggarai, membuat wilayah itu selalu hijau sepanjang tahun.

Di beberapa tempat, sungai mengalir dengan debit yang relatif stabil, lekukan topografi di sungai-sungai menciptakan pesona air terjun yang mengagumkan.

Air Terjun Tiwu Wali

Air terjun dan Kolam Pemandian Tiwu Wali yang berada di Kabupaten Manggarai, menghadirkan sebuah nuansa eksotis. Situs yang terletak di Desa Ruis, Kecamatan Reok, menjadi menarik justru karena memiliki letak yang tersembunyi dari jangkauan mata.

Di sini, Anda akan melihat sebuah keindahan dalam keheningan hutan yang tenang, nyaman dan damai. Sangat cocok untuk menenangkan diri. Saat berada di Tiwu Wali, Anda akan merasa membenamkan diri dalam meditasi alam yang tak kunjung putus.

Ditambah lagi suasana hutan dengan kicauan burung, gemerisik suara air terjun, serta bunyi gesekan dedaunan pohon-pohon asri, adalah sebagian dari pantulan jiwa alam Tiwu Wali yang bisa diperoleh secara gratis.

Air terjun yang terletak di tengah hutan ini jauh dari perkampungan penduduk. Untuk menuju ke sana, terpampang di depan mata jalanan yang cukup menantang. Jalan setapak yang berkelok-kelok dan terjal sepanjang kurang lebih 1.000 meter mesti dilalui.

Tenang saja, semua pengorbanan ini seakan dibayar lunas saat mata menemukan lokasi ari terjun dan kolam pemandian. Eureka!

Kolam Tiwu Wali

Di panas terik, kolam Tiwu Wali menjadi sebuah area pemandian yang menyenangkan. Dengan airnya yang bening, kolam ini menjadi arena rekreasi sekaligus sarana relaksasi dari rutinitas.

Kolam Tiwu Wali
manggaraikab.go.id/manggaraikab.go.id

 

Jika sinar mentari mencapai dasar kolam, Anda akan melihat batu kali beraneka warna yang tampak jelas. Bagaikan keramik yang tersusun rapih, batu-batu itu menjadi penopang dasar kolam yang kokoh.

Kolam dengan kedalaman tiga meter ini tentu hanya diperuntukkan bagi mereka yang bisa berenang. Menemukan air terjun dan kolam pemandian Tiwu Wali bagaikan sebuah ziarah mencari keindahan abadi.

Panorama Batu Bersusun

Air terjun dan kolam pemandian Tiwu Wali seakan memberi ruang buat Anda untuk menenangkan diri. Keindahan bukan hanya pada air terjun dan kolam dengan air yang jernih, ada juga panorama alam bebatuan yang begitu menakjubkan.

Panorama Batu Bersusun
manggaraikab.go.id/manggaraikab.go.id

 

Bebatuan terlihat tersusun rapih dalam aneka bentuk. Batu yang berbentuk prisma, segi empat, segi lima dan bahkan segi enam lazim disebut Kolom Basal dan Kekar Tiang ini adalah bentukkan magma yang telah membeku selama ribuan tahun.

Batu-batu ini bagaikan tembok pengaman sungai, dengan lumuran lumut, menghadirkan kesejukan. Duduk sambil menikmati alam di pangkuan bebatuan ini terasa menyenangkan, warna bebatuan yang hitam kebiruan memberi kesan romantis. (poy)

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section