1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Cegah 'Kantong Bolong' Ketahui Tips Beli Oleh-oleh Usai Liburan

Nah sebelum membeli oleh-oleh ada baiknya Anda intip tips berikut ini agar tidak membuang-buang uang.

By Dian Rosalina 7 Juli 2016 10:33
Ilustrasi Belanja (americangenius)

Money.id - Pulang dari kampung halaman belum lengkap tanpa membeli oleh-oleh dari daerah asal Anda. Tapi sering kali saat Anda membeli oleh-oleh yang tidak diperlukan sama sekali atau malah tidak dimakan.

Nah sebelum membeli oleh-oleh ada baiknya Anda intip tips berikut ini agar tak membuang-buang uang. Berikut ulasannya yang dikutip dari Pegipegi, Jumat 8 Juli 2016.

Riset
Saat proses menyusun rencana perjalanan, sempatkan juga untuk mencari tahu oleh-oleh di daerah asal atau Anda singgahi saat berlibur. Mulai dari makanan, aksesoris, sampai barang kerajinan khas setempat.

Tidak ada salahnya mencari tahu tempat yang menawarkan harga murah dan komplit. Jadi lebih hemat waktu dan tenaga, bukan?

Siapkan Bujet Khusus
Caranya cukup mudah, yaitu dengan merinci akomodasi, transportasi, makan, hiburan, shopping dan juga membeli oleh-oleh. Beli barang atau makanan yang sesuai dengan kebutuhan dan bujet yang ada. Sementara barang titipan usahakan minta uangnya dulu sebelum berangkat mudik. Jadi tak perlu menghabiskan banyak uang bukan?

Daftar Penerima
Begitu sampai tempat tujuan membeli oleh-oleh, tidak usah membuang waktu mengingat siapa saja yang ingin Anda berikan oleh-oleh. Buatlah daftar nama yang akan dibelikan oleh-oleh. Mulai dari keluarga, sahabat, sampai rekan kantor.

Jangan Langsung Beli
Sesampainya di tempat oleh-oleh, biasakan untuk mencari tahu harga pasar. Jangan langsung memborong di tempat pertama yang Anda kunjungi.

Bila dirasa mahal, berkelilinglah untuk membandingkan harga, usahakan menawar saat membeli barang dalam jumlah banyak sekaligus.

Ingin mengetahui tips ini lebih lanjut, silahkan klik tautan ini. (els)

 

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Fresh Section