1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Mengintip Kawasan Gunung Batur yang Manjakan Mata

Gunung ini memiliki beberapa kawasan yang sangat memanjakan mata yakni kawah gunung, kaldera, dan danau

By Abdul Kharis 11 Juli 2016 19:05
Gunung Batur (wayankelor.blogspot.com)

Money.id - Gunung batur merupakan objek wisata yang cukup ternama di Pulau Bali. Nah, di gunung ini sendiri memiliki beberapa kawasan yang sangat memanjakan mata yakni kawah gunung, kaldera, dan danau yang kita kenal dengan Danau Batur.

Selain itu, di gunung ini terdapat aliran air di dalam tanah yang mengalirkan air Danau Batur ke berbagai daerah di Bali sehingga muncul menjadi matar air dan disebut dengan Tirta Suci. Lokasi Gunung Batur sendiri berdekatan dengan Danau Batur yang bisa ditempuh sekitar 1 jam perjalanan dari Ibukota Denpasar.

Mengutip dari banglikab.go.id, Senin, 11 Juli 2016, jika datang di pagi hari, maka dipastikan pengunjung selain bisa melihat dan merasakan suasana Gunung Batur yang sangat alami dan sejuk.

Penetapan gunung ini sebagai Global Geopark tidak terlepas dari struktur geologi yang unik dan pemandangannya yang menawan. Keunikan dan keindahan geologi, terutama kawah, kaldera, dan danau Batur, telah menjadi obyek wisata andalan di tempat wisata yang berada di pulau dewata ini.

Gunung Batur merupakan gunung berapi aktif ini berada di Kecamatan Kintamani. Gunung dengan ketinggian 1.717 meter ini memiliki kaldera yang sangat besar dan indah.

Kaldera gunung Batur ini terbentuk akibat dua letusan besar yang terjadi pada 29.300 dan 20.150 tahun yang lalu. Di tengah kalderanya terdapat Danau Batur berbentuk bulan sabit.

Gunung Batur merupakan bagian dari rangkaian "Ring of Fire" Pasifik (Cincin Api Pasifik) dan menjadi salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia. Tercatat sejak 1804 gunung yang ini telah meletus sebanyak 26 kali.

Alkisah, Gunung Batur yang tertuang dalam cerita Lontar Susana Bali, disebutkan merupakan puncak dari Gunung Mahameru yang dipindahkan oleh Batara Pasupati untuk dijadikan Sthana Betari Danuh (Istana Dewi Danu). (dwq)

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section