1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Studi Ini Sebut Air Putih Bisa Turunkan Berat Badan, Benarkah?

Khususnya bagi orang yang menderita obesitas.

By Rizki Astuti 18 Juli 2016 07:35
Air Putih (Mirror.co.uk)

Money.id - Banyak cara untuk Anda menurunkan berat badan. Bahkan hanya dengan rajin mengkonsumsi air putih setiap harinya.

Ya, sebuah studi mengatakan bahwa minum banyak air membantu mengurangi berat badan karena tidak mengandung karbohidrat, lemak, ataupun protein yang merupakan faktor untuk obesitas. Bahkan hampir 10.000 orang dewasa berusia 18 sampai 64 tahun merasa terbantu dengan air karena makan berlebihan.

"Penelitian kami menunjukkan tubuh yang selalu hidrasi (proses di mana ion dikelilingi oleh molekul-molekul air yang tersusun dalam keadaan tertentu) dikaitkan dengan menjaga berat badan secara sehat," kata Tammy Chang, penulis penelitian dan asisten profesor di departemen kedokteran keluarga di University of Michigan Medical School.

Melansir dalam laman CNN, Jumat 15 Juli 2016, Chang mengatakan, mengalami dehidrasi dapat mengacaukan kesehatan mental, fisik dan emosional. Tak hanya itu, dehidrasi juga mengganggu fokus, ingatan dan suasana hati seseorang serta menyebabkan tekanan fisik seperti sakit kepala, sembelit dan masalah ginjal.

Temuan menunjukkan bahwa orang yang mengalami obesitas dan memiliki indeks massa tubuh (IMT) lebih tinggi cenderung dehidrasi. Bahkan orang-orang yang sering terhidrasi juga cenderung menjadi gemuk dan memiliki IMT yang lebih tinggi. 

Sehingga terhidrasi dengan minum air dan makan lebih banyak buah dan sayuran mengandung air dapat membantu manajemen berat badan, khususnya pada orang obesitas.

"Kami menemukan orang yang hidrasi dan obesitas berkaitan. Orang gemuk membutuhkan lebih banyak air daripada orang yang kurus agar tetap terhidrasi ," kata Chang. (dwq)

Baca Juga

(ra/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section