1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Ini Alasan Wanita Gemuk Tidak Dapat Berhenti Makan

Keinginan untuk makan kembali pada wanita bertubuh kurus akan turun 15 persen sedangkan, wanita betubuh gemuk hanya sekitar 4 persen saja.

By Azalia Amadea 28 Juli 2016 07:04
Wanita bertumbuh gemuk (indianexpress.com)

Money.id - Menurut penelitian, orang gemuk selalu menanggapi isyarat lapar dan keinginan untuk menyantap makanan meski ia sudah makan atau bahkan sedang tidak lapar. Isyarat tersebut berpusat di otak besar mereka yang dapat membuat mereka tidak dapat menolaknya.

Dilansir laman boldsky.com Kamis 28 Juli 2016, ketika selesai bersantap keinginan untuk makan kembali pada wanita bertubuh kurus akan turun 15 persen. Sedangkan, untuk keinginan wanita betubuh gemuk hanya turun sekitar 4 persen saja.

"Wanita bertubuh gemuk memiliki semangat tinggi saat ingin menyantap sebuah makanan, dan keinginan tersebut berubah menjadi naruli yang sulit untuk mereka tolak," kata Nancy Puzziferri, Asisten Profesor di University of West Texas, Amerika Serikat.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal 'obesity', penelitian dilakukan terhadap 15 wanita bertumbuh gemuk dan 15 wanita kurus. Otak mereka diperiksa menggunakan alat functional magnetic resonance imaging (FMRI) dan dirangsang dengan sebuah gambar makanan untuk mengetahui sejauh mana mereka ingin memakan makanan tersebut.

Hasilnya, pada wanita gemuk hasrat untuk memakan makanan tersebut lebih tinggi dari pada wanita bertubuh kurus. Menurut Puzziferri, sebenarnya hasrat makan tersebut dapat ditahan dengan pola makan yang baik.

Pola makan tersebut meliputi waktu atau jam makan yang tepat, serta pemilihan menu makanan yang seimbang. Misalnya, makan siang dilakukan sekitar pukul 1-3 siang dengan menu makanan karbohidrat, lauk hewani atau nabati, sayur dan buah sebagai makanan penutupnya.

Selain itu, hasrat tersebut juga dapat ditahan dengan tidak membiasakan diri mengikuti keinginan tersebut. Cara sederhana untuk mengurangi hasrat tersebut dengan mengurangi snack time. (dwq)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section