1. HOME
  2. FRESH
FINANCE

5 Persiapan Sebelum Liburan ke Luar Negeri

Kalau Anda memilih liburan eksklusif, maka biaya dapat ditentukan sendiri, tanpa perlu berhemat.

By Dwifantya Aquina 29 Juli 2016 10:10
Ilustrasi liburan (huffingtonpost)

Money.id - Anda berencana menghabiskan liburan ke luar negeri? Sebaiknya persiapkan 5 hal ini agar perjalanan Anda tetap nyaman dan mengasyikkan.

1. Cari lokasi wisata menarik
Jika Anda sudah menentukan negara tujuan wisata, sebaiknya cari tahu lebih dulu lokasi wisata menarik di negara tersebut. Untuk menghemat biaya, Anda dapat mencari tahu lokasi wisata yang berdekatan. Dengan survei terlebih dulu, Anda tidak akan bingung dan menghabiskan waktu untuk menentukan pilihan daerah wisata. (Baca juga: Cara Murah Traveling ke Eropa)

2. Siapkan uang atau kartu kredit
Sebelum berlibur, Anda sebaiknya menentukan pilihan tipe liburan, backpacker atau eksklusif. Ini akan menentukan jumlah biaya yang diperlukan dan uang yang akan Anda siapkan untuk liburan.

Jika berkunjung ke sebuah negara dengan backpacking, maka Anda hanya perlu mempersiapkan biaya yang cukup untuk pengeluaran wajib, seperti menyewa kamar hotel, makan, transportasi, dan tiket masuk ke obyek wisata.

Kalau Anda memilih liburan eksklusif, maka biaya dapat ditentukan sendiri, tanpa perlu berhemat. Setelah itu, Anda bisa mempersiapkan uang tunai yang diperlukan serta mata uang yang sesuai dengan negara tujuan wisata. Tapi kalau Anda tidak ingin repot membawa uang tunai, bisa menyiapkan kartu kredit yang bisa digunakan di luar negeri.

3. Pindai dokumen penting
Dokumen penting seperti paspor, kartu identitas, kartu ATM atau kartu kredit pasti tidak lupa dibawa. Tapi bagaimana jika di perjalanan dokumen tersebut hilang? Untuk mengantisipasi hal tersebut, sebaiknya Anda memindai dokumen-dokumen penting sebelum berlibur ke luar negeri. Jika Anda memiliki salinan dokumen-dokumen penting, proses pelaporan dokumen yang hilang serta menggantinya dengan dokumen yang baru dapat dipercepat. (Baca juga: Tip Dapat Hotel Murah Saat Traveling)

4. Cek transportasi dan penginapan
Agar tidak menghabiskan waktu, sebaiknya Anda mengecek moda transportasi serta penginapan di negara wisata. Untuk penginapan, sebaiknya Anda membuat reservasi untuk beberapa hari pertama. Jadi ketika sudah sampai di luar negeri, Anda tidak perlu memikirkan lagi tempat menginap. Selain itu, Anda perlu mencari tahu tentang transportasi yang dapat digunakan selama berlibur, seperti transportasi dari bandara ke hotel atau kendaraan ke tempat wisata di negara tujuan.

5. Gunakan asuransi perjalanan
Dengan menggunakan asuransi perjalanan, Anda dapat menghindari kerugian dari peristiwa yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan, kehilangan barang, atau kerusakan bagasi. Penawaran asuransi perjalanan kini mudah Anda dapatkan. Siap berlibur? Semoga perjalanan Anda menyenangkan!

 

 

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section