1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Belum Gajian dan Keuangan Makin Memburuk? Ini Cara Mengelolanya

Mulai sekarang Anda harus pintar-pintar mengelola keuangan Anda hingga waktu pemasukan tiba di akhir bulan.

By Dian Rosalina 26 Juli 2016 12:10
Ilustrasi Mengelola Keuangan (Dailyfinance)

Money.id - Keuangan dibulan ini memang dirasa sangat berat karena sangat banyak pengeluaran untuk lebaran dan bagi-bagi Tunjangan Hari Raya (THR) awal bulan lalu. Apakah Anda salah satu yang merasakan hal ini?

Jika ya, berarti mulai sekarang Anda harus pintar-pintar mengelola keuangan Anda hingga waktu pemasukan tiba di akhir bulan. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bertahan sampai akhir bulan ini, yang dilansir dari Qerja, Selasa 26 Juli 2016.

Menabung

Ya ini adalah cara lama yang selalu berhasil dilakukan. Bila Anda masih memiliki sisa-sisa uang THR, jangan dibelanjakan, tabung saja. Siapa tahu Anda mendapat keperluan yang lebih penting dan mendesak dikemudian hari.

Pekerjaan Sampingan

Ada baiknya Anda mempunyai pekerjaan sampingan sehingga tidak anya mengandalkan pemasukan dari gaji bulanan. Pemasukan dari pekerjaan sampingan bisa digunakan untuk menambal 'kebocoran' keuangan rumah tangga.

Ubah Pola Pikir

Jika Anda sudah menabung dan punya pekerjaan sampingan, hal yang harus dilakukan adalah mengubah pola pikir untuk lebih hemat. Hentikan pengeluaran yang tidak perlu, dan fokus pada kebutuhan bukan keinginan.

Bawa Bekal Makan Siang

Hindari makan di luar saat makan siang di kantor. Sebagai gantinya, bawa makanan yang sudah dimasak dari rumah. Selain bisa menghemat, kebersihannya pun terjamin.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai bagaimana cara Anda menghemat uang Anda hingga akhir bulan, intip link berikut ini.

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section