1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Mau Indekos di Jakarta? Ini Tips Atur Keuangan untuk Mahasiswa Baru

Namun sebagai seorang mahasiswa baru, Anda mungkin menemui kendala bagaimana mengatur keuangan sebagai anak kost.

By Dian Rosalina 28 Juni 2016 13:25
Ilustrasi Mahasiswa Baru (theglasshammer.com)

Money.id - Hari ini adalah pengumuman hasil SBMPTN 2016. Untuk Anda yang lulus tes, waktunya mulai memikirkan keperluan untuk masuk kuliah. Selain itu, untuk Anda yang dari luar kota sudah waktunya mencari indekos dengan harga terjangkau dan dekat dengan kampus Anda.

Namun sebagai seorang mahasiswa baru, Anda mungkin menemui kendala bagaimana mengatur keuangan sebagai anak kost. Dilansir dari Cekaja, Selasa 28 Juni 2016, berikut ini adalah tips mengatur keuangan untuk mahasiswa yang ingin kost di Jakarta.

Jangan Banyak Nongkrong

Sebagai mahasiswa baru tentu bergaul dengan teman-teman baru dan lingkungan baru sangat diperlukan. Namun jangan terlalu banyak nongkrong, apalagi pilihan tempat nongkrong di Jakarta cukup banyak.

Mengingat kehidupan mahasiswa di perkotaan cukup hedonis, kalau diikuti terus menerus mungkin belum sebulan Anda tidak bisa makan apa-apa. Maka dari itu, sebaiknya cobalah untuk menahan diri agar tidak terlalu sering nongkrong.

Pisahkan Uang Konsumsi dan Tabungan

Mulai sekarang cobalah untuk mencoba kebiasaan baru yaitu menabung. Bagi mahasiswa yang masih mendapatkan uang saku bulanan dari orangtua, segera pisahkan uang konsumsi harian dan tabungan ketika uang tersebut di terima.

Kalau bisa sebaiknya memiliki dua atau lebih kartu atm. Hal ini berguna untuk mengatur cash flow setiap bulannya. Dengan begitu Anda bisa memastikan bahwa setiap bulan ada uang masuk ke rekening tabungan Anda.

Masak Agar Lebih Irit

Bila tempat indekost Anda memiliki fasilitas dapur, lebih baik dimanfaatkan dengan baik. Karena dengan masak sendiri, pengeluaran untuk konsumsi harian bisa ditekan. Bahkan bisa dua kali lipat lebih hemat dibanding makan di warung

Cari Indekost yang Memiliki Fasilitas Free Wifi

Menjadi mahasiswa bukan lagi mengerjakan perkerjaan rumah seperti siswa SMA, tapi tugas akan dua kali lebih banyak dari dosen. Internet menjadi salah satu kebutuhan yang sangat utama sekarang ini.

Oleh karena itu, carilah kost-an dengan fasilitas free wifi. Memang sedikit lebih mahal, tetapi secara keseluruhan justru bisa membuat pengeluaran bulanan makin irit. (dwq)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section