1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

4 Cara Mudah Tambah Penghasilan di Bulan Ramadan

Mau punya penghasilan berlipat ganda jelang lebaran? Ikuti tips yang berikut ini yuk!

By Dwifantya Aquina 24 Juni 2016 17:03
Ilustrasi menghasilkan uang tambahan di bulan Ramadan (Glamour.com)

Money.id - Memasuki bulan Ramadan, pengeluaran yang kita lakukan cenderung lebih besar daripada pengeluaran sehari-hari di luar bulan penuh barokah ini. Kalau kamu tidak bisa berhemat, maka kemungkinan besar arus kas kamu di sepanjang bulan ini akan kacau dan berakhir dengan pemborosan.

Namun, ada kalanya memang uang yang kamu miliki tidak cukup untuk membeli berbagai kebutuhan sepanjang bulan Ramadan. Hal ini bisa diatasi dengan mencari penghasilan tambahan di sepanjang bulan Ramadan. Nah, coba simak 4 jenis penghasilan tambahan yang mudah dilakukan di bulan ini.

1. Jual jasa desain kartu Lebaran
Ucapan selamat hari raya Idul Fitri dapat menjadi berkesan saat diucapkan dengan kartu Lebaran. Kalau punya keahlian desain, kamu bisa pakai keahlian kamu untuk membuatkan kartu Lebaran. Tidak perlu dicetak, kamu bisa juga membuatkan kartu Lebaran digital. Banyak teman yang tentu tertarik mengirimkan ucapan Lebaran dengan gambar menarik yang didesain oleh ahli seperti kamu.
Baca juga: 4 Penyebab Kamu Boros Dalam Belanja dan Cara Mengatasinya

2. Bantu teman atau saudara jualan baju Muslim
Busana Muslim akan laku keras selama bulan Ramadan karena banyak yang mencari baju baru untuk merayakan Lebaran. Kalau kamu tidak punya usaha terkait bidang fashion, kamu bisa kerjasama dengan teman atau saudara kamu yang memilikinya. Kamu bisa menjadi pihak yang mempromosikan barang dagangan dan mendapat komisi atas penjualan baju.

3. Membuat Parcel Lebaran
Parcel Lebaran yang dijual di pusat perbelanjaan cenderung memiliki harga yang mahal. Nah, kalau kamu punya keahlian di bidang ini, kamu bisa tawarkan jasa membuat parcel Lebaran ke kantor atau teman-teman kamu yang sedang mencari parcel Lebaran dengan lebih murah dari harga beli di pusat perbelanjaan.
Baca juga: 5 Cara Bijak Melakukan Alokasi THR di Bulan Ramadhan

4. Jualan takjil
Salah satu jenis makanan dan minuman yang jelas akan laku keras dijual di bulan Ramadan adalah takjil. Kalau kamu tidak bisa memasak, kamu bisa mencoba menjalankan bisnis ini bersama teman yang pandai memasak, atau kerjasama dengan saudara. Minimal, kamu bisa menjual takjil ke teman-teman di kampus atau kantor. Lumayan bukan untuk menambah penghasilan selama Ramadan?
Baca juga: 4 Cara Pecinta Kuliner Hemat Hingga Jutaan Rupiah untuk Berbuka Puasa Bersama

Punya pikiran untuk melanjutkan usaha sampingan di atas sebagai usaha tetap? Nah, tentunya kamu membutuhkan modal. Untuk modal usaha, kamu bisa coba memanfaatkan produk kredit tanpa agunan (KTA). Gunakan situs perbandingan produk keuangan populer seperti HaloMoney.co.id untuk mempermudah kamu melakukannya.

 

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section