1. HOME
  2. FINANCE
BARBIE

Pabrik Boneka Barbie Terbesar di Dunia Ternyata Ada di Cikarang

Pabrik Barbie ini sudah sekitar 20 tahun beroperasi di Indonesia. Menggunakan nama Mattel Indonesia, mereka membangun dua pabrik di Jababeka.

By Arry Anggadha 24 Juni 2016 13:03
Boneka Barbie (latimes)

Money.id - Indonesia ternyata menjadi pusat pembuatan mainan boneka legendaris, Barbie. Bahkan Indonesia mampu memasok sekitar 50 persen boneka Barbie ke seluruh dunia.

Pabrik Barbie ini sudah sekitar 20 tahun beroperasi di Indonesia. Menggunakan perusahaan Mattel Indonesia, mereka membangun dua unit pabrik di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Mattel Indonesia merupakan anak usaha dari Mattel Inc yang berpusat di Los Angeles, AS. Selain Barbie, Mattel produk boneka dan mainan seperti Fisher Price, Hot Wheels, dan Thomas & Friends.

Produksinya mencapai 60 juta unit per tahun dan mengekspor lebih dari 3 juta unit boneka setiap bulan secara reguler. Pasar terbesar Mattel Indonesia ialah AS dan Kanada (40 persen), Eropa (35 persen), Amerika Latin (20 persen) dan Asia Pasifik (5 persen).

Senior Vice President Dolls and Diecast Manufacturing Mattel Indonesia Teck Heng Soo mengatakan, Mattel Indonesia merupakan pabrik terbesar di antara pabrik Mattel di dunia. Jumlah karyawannya pun mencapai 10 ribu orang. Pabrik Mattel lainnya berada di China, Malaysia, Thailand, dan Meksiko.

"Posisi Indonesia sangat penting bagi mata rantai produksi Mattel. Kami juga mendukung industri lokal karena melibatkan pemasok dan subkontraktor," kata Teck Heng Soo seperti dikutip dari laman Kemenperin.go.id.

Hal senada diungkapkan Vice President and General Manager Mattel Indonesia Roy Tandean. Menurutnya, pabrik di Cikarang memproduksi 50 persen Barbie yang beredar di seluruh dunia.

"Jadi, kami bisa bilang Indonesia telah menjadi tuan rumah terbesar Barbie. Kami juga memproduksi 2 juta pakaian boneka per minggu," ujarnya.

Dalam lima tahun terakhir, Mattel Indonesia telah mengekspor boneka dengan nilai antara USD 150-200 juta atau setara Rp2-2,6 triliun per tahun. Angka ini tiga kali lipat dibanding capaian tahun 1995.

Komitmen Mattel Indonesia juga semakin kuat lantaran tengah mempersiapkan produksi mainan die cast (mobil) Hot Wheels di unit pabrik “west plant”, juga di Cikarang.

Diharapkan, mesin-mesin produksi sudah terpasang pada bulan Oktober dan direncanakan mulai produksi pada akhir tahun 2016 dengan kapasitas produksi 50 juta unit per tahun dan mempekerjakan 1000 karyawan.

Baca Juga:

(aa)

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section