1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Kelebihan dan Kekurangan Jadi Jurnalis Ada 8 Poin, Apa Saja?

Namun menjalani profesi sebagai seorang jurnalis tidak mudah. Jurnalis bukan harus pintar menulis, tetapi mereka harus...

By Dian Rosalina 21 Juni 2016 10:25
Ilustrasi Jurnalis (adweek.com)

Money.id - Tak sedikit orang beranggapan berprofesi sebagai jurnalis adalah pekerjaan menyenangkan. Anda bukan hanya dituntut untuk bisa menulis, mau bekerja keras, dan punya pengetahuan luas, tetapi lebih dari itu. 

Anda juga harus punya mental yang kuat, demi bersaing dengan para kuli tinta lainnya. Nah sebelum memilih profesi jurnalis sebagai bidang pekerjaan Anda, intip dulu yuk kelebihan dan kekurangannya seperti dikutip dari Qerja, Selasa 21 Juni 2016.

Kelebihan:

1. Up To Date
Satu keuntungan menjadi seorang jurnalis adalah mengetahui lebih dulu setiap perkembangan informasi terbaru. Seorang jurnalis selalu mendapatkan informasi dari tangan pertama, jadi mereka biasanya mendapatkannya secara aktual dan bisa dipercaya.

Selain itu, banyak juga informasi off the record alias informasi yang tidak bisa dipublikasikan. Jadi jangan heran, setiap informasi yang didapat publik dari media, tidak pernah 100 persen terungkap.

2. Perjalanan Gratis
Jurnalis yang kebetulan diundang atau ditugaskan kantor ke sebuah tempat biasanya bisa menikmati semua fasilitas secara gratis, mulai dari tiket pesawat, hotel, makanan, dan lain-lain. Tetapi jangan terlalu berharap akan dapat, cuma beberapa jurnalis terpilih saja yang bisa meliput ke luar daerah atau luar negeri.

3. Tambah Pengetahuan
Jurnalis harus siap ditugaskan untuk meliput isu apapun, sehingga dia harus selalu belajar dan membaca. Menjadi jurnalis bukan berarti tidak akan pernah berhenti belajar.

Tak heran pengetahuan seorang jurnalis sangat banyak dan beraneka ragam. Jurnalis yang cerdas bisa dilihat dari tulisannya, yang tidak hanya sekadar memberitakan fakta, namun mampu menganalisis bahkan memberikan solusi yang tepat.

4. Bertemu Orang 'Terkenal'
Tak sedikit orang mengaku mau menjadi jurnalis, selain karena minat tetapi juga didukung oleh keinginan yang lain. Ya, mereka ingin bertemu dengan orang penting, terkenal, atau idolanya. Profesi tersebut dianggap sebagai akses paling efektif untuk bertemu mereka yang sulit ditemui oleh orang biasa.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang minusnya, baca tautan berikut ini. (els)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section