1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

5 Pemasukan Tambahan yang Bisa Diandalkan oleh Karyawan Sibuk

Bagaimana agar tetap mempertahankan pekerjaan utama, namun bisa melakukan pekerjaan sampingan? Simak artikel berikut ini.

By Dwifantya Aquina 21 Juni 2016 08:34
Ilustrasi karyawan yang ingin mencari pendapatan tambahan (popsugar.com)

Money.id - Para karyawan kantoran yang bekerja full-time tentu sudah sangat familiar dengan kebiasaan rutin ini: bekerja dari pagi hingga sore setiap Senin hingga Jumat (dan terkadang Sabtu), lembur di kantor hingga malam, belum lagi harus berurusan dengan boss yang rese, dan ketika pulang sudah lelah dan ingin cepat-cepat tidur pulas.

Ya, itu merupakan dilema kehidupan kantoran yang banyak dialami pekerja saat ini, meski ada juga yang beruntung dan menikmati pekerjaannya sekarang.

Salah satu alasan utama mempertahankan pekerjaan kantoran yang sekarang adalah faktor uang. Tanpa uang, kamu akan sulit untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari ataupun menabung. Memang berhemat dari pengeluaran sehari-hari merupakan salah satu alternatif untuk mengisi tabungan, namun terkadang tetap saja uang yang kamu perlukan tidak cukup.

Kalau sudah begini, sambil tetap mempertahankan pekerjaan utama, kamu bisa mulai mencoba melakukan pekerjaan sampingan. Nah, ini ada beberapa ide jenis pemasukan tambahan dari pekerjaan sampingan yang bisa kamu lakukan. Semoga bisa menjadi inspirasi untukmu ya.

1. Menjadi seorang penulis buku
Menjadi penulis buku bukanlah pekerjaan sembarangan yang ‘tidak menghasilkan duit’. Ada banyak penulis baik di luar negeri maupun dalam negeri yang telah sukses dan bahkan menjadi terkenal. Sebagian karya mereka ada yang diangkat ke layar lebar atau diangkat ke format lain, namun ada juga yang memang mendapatkan fanbase yang besar sehingga buku mereka selalu laris manis.

2. Menjadi konsultan di bidang keahlian kamu
Banyak sekali jenis konsultan yang bisa kamu temui, seperti konsultan keuangan, pernikahan, pengembangan diri, dan sebagainya. Pekerjaan sebagai konsultan lepasan tidak terlalu menyita waktu kamu saat bekerja kantoran. Kamu bisa berbincang dengan klien saat malam hari sepulang kerja atau akhir pekan, dan mengerjakan pekerjaan kamu di waktu senggang. Berikan tenggat waktu yang realistis agar kamu tidak mengecewakan klien kamu ya.

Baca juga: 5 Peluang Bisnis di Bulan Ramadhan untuk Menambah Barokah!

3. Mencoba menjadi blogger
Kalau tidak suka menulis panjang seperti buku, kamu tetap bisa mencoba untuk menjadi blogger. Contohnya, kamu bisa menjadi travel blogger kalau demen traveling atau food blogger bagi yang demen makan.

Blogger sendiri sebenarnya sudah banyak macamnya, tidak melulu dengan tulisan saja. Kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk menjamah banyak calon follower kamu. Kamu bisa mendapatkan penghasilan duit dari endorsement, iklan, sponsor konten, dan banyak cara lainnya.

4. Jual keahlian desain grafis
Ahli desain merupakan orang-orang yang semakin banyak dicari sekarang ini, apalagi kita sudah memasuki era di mananya segalanya serba digital dan startup juga cukup menjamur di mana-mana. Jika kamu memiliki kemampuan tersebut, kamu bisa menjual kemampuan kamu di situs-situs freelance atau gunakan pemasaran lewat mulut ke mulut.

Baca juga: 5 Cara Bijak Melakukan Alokasi THR di Bulan Ramadhan

5. Cobalah iseng menjadi fotografer acara keluarga dan pernikahan
Kalau kamu penggemar fotografi, menjadi seorang fotografer lepasan dapat menghasilkan uang juga lho. Fotografer sering disewa untuk berbagai macam acara keluarga seperti pesta ulang tahun atau pernikahan. Kamu bisa juga menggabungkan ilmu fotografi dan pemasaran di media sosial untuk membangun reputasi kamu sebagai fotografer handal. Bayarannya tentu lumayan.

Baca juga: 4 Cara Cerdas Mencegah Pemborosan di Bulan Ramadhan!

Jika kamu lebih tertarik untuk merintis bisnis sampingan, gunakan pinjaman tanpa agunan (KTA) sebagai modal awalnya. Manfaatkan situs perbandingan produk keuangan populer seperti HaloMoney.co.id untuk mempermudah kamu mencari produk KTA yang tepat sesuai kebutuhan kamu.

 

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section