1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KERJA

Ketahui 4 Fakta Berkarier Saat Akan Jadi Polisi

Menjadi polisi memang terkesan 'keren' dan punya otoritas yang tidak dimiliki profesi lainnya. Meski kenyatannya....

By Dian Rosalina 17 Juni 2016 06:20
Ilustrasi Polisi (Merdeka.com)

Money.id - Profesi polisi tetap menjadi favorit banyak orang terlepas dari proses reformasi di kepolisian yang masih berjalan. Setiap kali markas besar Polisi Republik Indonesia (Polri) membuka kesempatan rekrutmen, prosesnya diikuti oleh ribuan bahkan ratusan orang yang berminat berkarier dibidang ini.

Menjadi polisi memang terkesan 'keren' dan punya otoritas yang tidak dimiliki profesi lainnya. Meski pada kenyatannya bertugas sebagai polisi tidak mengenal waktu dan berisiko tinggi.

Nah sebelum Anda tertarik untuk menjadi seorang polisi simak faktanya dulu yang dikutip dari Qerja, Jumat 17 Juni 2016.

1. Empat Jalur Pendidikan Dasar Menjadi Polisi

Masuk dan Mendaftar menjadi polisi bisa melalui empat jalur yaitu:

a. Sekolah Calon Bintara (Secaba) Polisi

Biasanya untuk lulusan SMU dan sederajat dan mendapat pendidikan selama tujuh bulan di sekolah polisi negara (SPN) di Polda di daerah masing-masing. Saat lulus, Anda berpangkat Brigadir Dua (Bripda).

b. Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS)

Anda akan kembali mendapat pendidikan di Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) di Lembaga Pendidikan Polri (Lemdikpol) selama enam bulan. Untuk masuk ke SIPSS, Anda haruslah lulusan sarjana dan saat lulus nanti Anda mendapatkan pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda).

c. Akademi Kepolisian (AKPOL)

Jalur lainnya yang bisa dicoba adalah dengan masuk akademi polisi saat lulus SMU dan mengikuti pendidikan selama empat tahun di Akpol Semarang. Saat lulus, Anda berpendidikan sarjana ilmu kepolisian dan berpangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda).

d. Tamtama Polisi/ Tamtama Brimob

Anda menempuh pendidikan selama enam bulan di SPN Polda dan keluar dengan pangkat Bharada Polisi. Sebelumnya Anda harus lulusan SMU atau sederajat terlebih dahulu.

2. Berkarier di Polisi dengan Masuk AKPOL

Bila Anda memutuskan untuk berkarier sebagai polisi, jalur Akpol yang paling direkomendasikan, karena kemungkinan karier melejit akan semakin besar dibanding jalur masuk lainnya.

Selain bisa mendapatkan pangkat tinggi, lulusan Akpol akan lebih mudah mendapatkan posisi dan pangkat tertinggi hingga pensiun nanti.

Untuk lebih jelas mengenai fakta-fakta tersebut, simak tautan berikut ini. (els)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section