1. HOME
    2. FINANCE
FINANCE

Catat! 5 Tips Agar Kondisi Keuangan Selalu Terjaga

Anda harus membuat tabungan menjadi tiga bagian yaitu....

By Rizki Astuti 19 Juni 2016 07:15
Ilustrasi Uang (Glamour)

Money.id - Semua pasti setuju bukan, bahwa berhemat itu amat penting? Namun kenyataannya mengucapkan lebih mudah daripada menjalankan.

Ya, sebenarnya hidup hemat bukan hanya berbicara tentang uang atau bagaimana cara Anda bisa menabung. Hidup hemat adalah sebuah konsep dari pemikiran.

Melansir dalam laman Female First, Minggu 19 Juni 2016, berikut adalah lima tips agar Anda bisa mengendalikan keuangan sendiri.

1. Pecah Tabungan
Memiliki satu rekening tabungan akan menyulitkan Anda melacak dan mengendalikan pengeluaran. Agar tetap memiliki cukup simpanan untuk hal-hal tak terduga, maka Anda harus membagi tabungan itu menjadi tiga bagian pokok yaitu tabungan jangka pendek, jangka panjang dan keadaan darurat.

2. Lacak dan Buat Anggaran
Agar tidak terjebak dalam masalah keuangan, buatlah anggaran belanja yang wajar dan cobalah untuk menaatinya hingga gajian berikutnya. Anda tentu tidak ingin kehabisan uang di pertengahan bulan, bukan?

Membayar pembelian dengan kartu kredit dan kartu debit memang cepat dan mudah. Tetapi cara tersebut malah akan meningkatkan minat Anda berbelanja, hingga akhirnya memunculkan masalah di akhir bulan.

Jadi, jika Anda tahu anggaran menipis namun tergoda untuk terus berbelanja, mengapa tidak membuat anggaran dalam bentuk uang tunai dan meninggalkan kartu kredit dan kartu debit di rumah? Ya, karena dengan cara tersebut Anda bisa tahu berapa banyak uang yang telah dihabiskan melebihi batasan yang dibuat.

3. Kurangi Pengeluaran Kecil
Pengeluaran kecil yang dimaksud seperti uang rokok atau sekedar minum kopi di warung langganan. Meski begitu jika dikurangi, hal itu akan berdampak cukup signifikan pada keuangan Anda.

Jika kebiasaan boros ini berlangsung di sepanjang hidup karir Anda maka jika dijumlahkan, nilainya akan sangat besar. Sehingga mengurangi biaya tak penting ini merupakan cara yang bagus untuk menghemat uang dalam jangka panjang.

Selanjutnya >>> Periksa Kartu Kredit Agar Tidak Ada Kasus...

Baca Juga

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section