1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KERJA

Pusing Kuliah Sambil Kerja? Ini Cara Mengatasinya

Makanya tak jarang, orang yang memilih kuliah sambil kerja, akhirnya harus memilih salah satunya. Padahal ada cara mengatasi kesulitan tersebut.

By Dian Rosalina 22 Juni 2016 07:25
Ilustrasi Kuliah Sambil Kerja (theodysseyonline.com)

Money.id - Banyak anak muda yang memilih kuliah sambil kerja untuk memenuhi kebutuhannya. Namun menjalani dua aktivitas tersebut bukan perkara mudah, apalagi soal membagi waktu.

Makanya tak jarang, orang yang memilih kuliah sambil kerja akhirnya harus memilih salah satunya. Padahal ada cara mengatasi kesulitan tersebut dan membuatnya berjalan beriringan. Berikut tips mengatasinya yang dikutip dari Qerja, Rabu 22 Juni 2016.

Sesuaikan Jadwal dan Kebutuhan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah tentu saja mengatur waktu antara kerja dan kuliah. Sebab, jam kerja karyawan dan waktu kuliah itu berbeda.

Jika tidak mau keteteran, pilihlah kelas karyawan dengan waktu kuliah sore atau Sabtu-Minggu. Dengan begitu Anda tidak perlu repot mengerjakan dua pekerjaan sekaligus.

Beritahu Pihak Manajemen

Pada akhirnya seseorang memilih salah satu antara kerja dan kuliah karena tidak ada komunikasi dengan pihak kampus atau pihak perusahaan. Komunikasi adalah kunci penting, sampaikan bahwa Anda sedang kuliah sambil bekerja.

Jadi jika Anda harus menghadapi UTS atau UAS, tidak perlu berbohong bolos kerja hingga akhirnya pekerjaan terbengkalai, bahkan sampai kena tegur atasan.

Perhatikan Kondisi Tubuh

Jangan biasakan begadang. Ingat Anda punya dua aktivitas, di kantor dan di kampus. Istirahat yang cukup bisa membantu Anda berkonsentrasi melewati kedua kegiatan tersebut. 

Ingin tahu lebih lanjut soal tipsnya, klik link ini. (poy)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section