1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KERJA

6 Cara Ciptakan Kesan Pertama yang Baik dalam Dunia Bisnis

Entah itu untuk sebuah acara resmi, pertemuan dengan pengembang bisnis, atau kegiatan profesional, kesan pertama sangat penting dan harus tepat..

By Dian Rosalina 1 Juni 2016 17:30
Ilustrasi Kesan Pertama dalam Bisnis (Pixabay)

Money.id - Kesan pertama saat bertemu klien atau rekan kerja sangat penting dalam dunia bisnis. Tujuh detik pertama saat bertemu dengan seseorang adalah kesan pertama yang didapat satu sama lain.

Entah itu untuk sebuah acara resmi, pertemuan dengan pengembang bisnis, atau kegiatan profesional maupun informal lainnya, kesan pertama sangat penting dan harus tepat. Dikutip dari Inc, Rabu 1 Juni 2016, berikut ini adalah kiat bagaimana cara Anda meninggalkan kesan pertama yang sulit dilupakan.

Senyum

Ekspresi wajah sangat penting ketika Anda datang untuk membuat kesan pertama yang baik. Senyum adalah awal yang bagus untuk sebuah pertemuan pertama.

48 persen orang Amerika merasa bahwa senyum adalah faktor utama yang bisa membuat orang terkesan. Walaupun Anda merasa senyum milik Anda jelek, tapi senyum bisa menutupi kegugupan yang ada dalam diri Anda.

Tak hanya itu, senyum pun bisa menurunkan hormon stres yang berdampak negatif pada kesehatan Anda. Jadi mulailah dengan tersenyum.

Jabat Tangan

Berjabat tangan adalah kegiatan yang diterima secara internasional karena merupakan tanda kesopanan dan profesionalitas. Sebuah jabatan tangan yang tepat bisa menyampaikan keyakinan diri sendiri.

Perkenalan

Orang yang berhasil dalam kesan pertamanya, adalah orang yang bisa memecahkan ketegangan dan kekakuan pada pertemuan pertama. Cukup Anda memperkenalkan diri dan senang bertemu dengan lawan bicara Anda saja itu sudah sangat membantu untuk menjelaskan bahwa Anda memang yakin ingin bertemu dengan orang tersebut.

Bicara Jelas

Banyak orang yang memiliki kata-kata dalam pikirannya tapi agak susah diungkapkan lewat mulut. Berbicara dengan nada yang tepat dan kata-kata yang jelas bisa menggambarkan diri Anda seperti apa, itu juga menjadi alasan Anda bisa didengarkan olehnya.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang berbicara dengan suara mendalam ternyata dianggap sangat serius, jadi koreksi cara bicara Anda agar lebih santai.

Membuat Kontak Mata

Di negara barat seperti Amerika Serikat, kontak mata menunjukkan rasa hormat kepada orang yang baru pertama kali ditemui. Hal ini juga menyampaikan rasa minat dalam percakapan. Namun jangan berlebihan saat mengambil kontak mata dengan lawan bicara Anda agar tidak dikonotasikan negatif.

Gunakan Bahasa Tubuh

Kebanyakan dari kita secara naluriah bahasa tubuh yang digunakan ternyata bisa menular ke lawan bicara Anda. Misalnya ketika orang melihat Anda tersenyum, orang tersebut akan ikut tersenyum juga, meskipun Anda hanya memberikan senyum lewat mata saja.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengalami emosi yang sama mungkin akan mengalami rasa saling percaya, hubungan dan pemahaman yang sama. (dwq)

Baca Juga

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section