1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KERJA

4 Langkah Jitu Menulis CV bagi Fresh Graduate

Ikuti petunjuk menulis CV ini jika Anda belum punya pengalaman.

By Adhi 30 Mei 2016 19:34
Ilustrasi (linkedind.com)

Money.id - Anda para fresh graduate yang berniat melamar sebagai pegawai magang atau pekerjaan tetap, jangan keburu kecil hati karena tidak punya pengalaman kerja. Ikuti petunjuk menulis CV ini jika Anda belum punya pengalaman.

Berikut adalah 4 langkah mudah yang harus Anda lakukan versi Qerja.com:

1. Tampilan Rapi

Jika CV Anda tampak berantakan, pihak perusahaan juga enggan membacanya dan bisa-bisa CV Anda langsung dikesampingkan untuk masuk tong sampah. Kecuali Anda melamar untuk posisi kreatif seperti desain, gaya dan estetika tidak perlu menjadi prioritas Anda.

Selalu gunakan font yang terbaca jelas dan hindari menggunakan bermacam-macam warna. Pilihan paling aman adalah font normal dengan ukuran 12. Poin ini berlaku untuk semua CV, dengan pengalaman maupun tanpa pengalaman.

2. Kembangkan Bagian Pendidikan

Jangan hanya menuliskan nama sekolah dan tahun kelulusan Anda. Isi bagian informasi pendidikan dengan kegiatan yang Anda ikuti selama di sekolah, termasuk ekstrakurikuler, tim, apa saja yang Anda lakukan yang Anda rasa relevan dengan posisi pekerjaan yang Anda lamar.

Mungkin aktivitas Anda di ekskul Paskibra melatih Anda menjadi lebih disiplin, kesibukan Anda mengikuti klub fotografi di kampus membuat Anda memiliki skill tambahan, dan sebagainya. Jika Anda bergabung dengan klub atau organisasi, tuliskan juga posisi dan kewajiban Anda. 

Selengkapnya, simak di tautan berikut ini.

 

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section