1. HOME
    2. FINANCE
TIPS KERJA

Mau Kuliah? Ini 7 Jurusan dengan Lapangan Kerja Terluas

Banyak yang mempertanyakan bila memilih jurusan tertentu, apakah tersedia lapangan pekerjaan yang luas. Sebab sekarang ini, mahasiswa cenderung..

By Dian Rosalina 14 Juni 2016 09:35
Ilustrasi menjadi sarjana (theodysseyonline.com)

Money.id - Sebentar lagi perkuliahan semester baru akan dimulai. Apakah sudah memilih universitas dengan jurusan sesuai dengan pilihan Anda?

Banyak yang mempertanyakan bila memilih jurusan tertentu, apakah tersedia lapangan pekerjaan yang luas. Sebab sekarang ini, mahasiswa cenderung memilih jurusan yang itu-itu saja, padahal masih banyak jurusan lain yang memberikan lapangan kerja luas.

Daripada bingung pilih jurusan kuliah, simak dulu tujuh jurusan kuliah dengan lapangan kerja terluas yang dilakukan oleh Higher Eduction Statistics Agency (HESA) di Inggris dikutip dari Telegraph, Selasa 14 Juni 2016.

Pendidikan

Banyak para orang tua pesimistis bila anaknya harus berkuliah di jurusan pendidikan. Stereotip bahwa gaji guru itu kecil masih tertanam di benak, padahal jurusan ini malah mempunyai kesempatan tertinggi untuk mendapatkan pekerjaan.

Minimnya tenaga pengajar di Indonesia menjadi faktor penting mengapa jurusan ini membuka lapangan yang luas. Mungkin beberapa guru belum mendapatkan kesejahteraan, namun diprediksikan pengangkatan guru sebagai PNS bisa meningkat dengan berbagai tunjangan dan kemudahan lain.

Pertanian

Indonesia merupakan negara agraris. Seharusnya banyak para calon mahasiswa yang tertarik di bidang ini, tetapi kenyataannya tidak. Penyebabnya karena dianggap kurang elite dibanding jurusan lain.

Padahal, jursan ini membuka lapangan kerja yang cukup luas. Lulusan pertanian bisa langsung diterima menjadi penyuluh pertanian, peneliti pertanian, pendidik pertanian, ahli tanaman, ahli budidaya, dan bahkan bisa menjadi salah satu staf di Kementerian Pertanian.

Teknik informatika

Di era teknologi sekarang ini, jurusan teknik informatika menjadi jurusan yang paling banyak dicari lulusannya dan dibayar dengan gaji tinggi. Meskipun begitu persaingan untuk bisa menembus fakultas informatika juga tidak mudah.

Bidang pekerjaannya tentu saja berhubungan dengan dunia digital. Dengan semakin banyaknya startup di Indonesia yang mulai berkembang, tenaga dari teknik informatika sangat dicari. Jadi jangan khawatir tidak dapat pekerjaan.

Hukum

Masalah hukum di Indonesia memang tidak ada habisnya. Itulah yang membuat jurusan ini dari tahun ke tahun semakin diminati.

Selain terlihat keren dan berkelas, jurusan hukum juga memiliki banyak kesempatan kerja di berbagai bidang. Soal gaji? Lumayan tinggi kok.

NEXT: Akuntansi, Kedokteran, dan Bahasa >>>>>

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section