1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

6 Strategi Jitu Pangkas Biaya Pernikahan

Di kota-kota besar, uang Rp70 juta hanya cukup untuk menyelenggarakan pesta standar, dan biaya Rp120 juta dianggap biasa.

By Dwifantya Aquina 26 Juli 2016 10:09
Biaya pesta pernikahan di kota besar sangat mahal bahkan hingga mencapai ratusan juta rupiah (Weddingku.com)

Money.id - Idealnya pesta pernikahan miliki tujuan berbagi kebahagiaan dengan orang lain. Nyatanya, saat ini tidak jarang pesta pernikahan jadi ajang adu gengsi. Kalaupun bukan, pasangan yang menikah ingin agar pesta berlangsung meriah dan berkesan sebagai kenang-kenangan seumur hidup.

Alhasil, biaya untuk menyelenggarakan pesta pernikahan jadi sangat mahal. Di kota-kota besar, uang Rp70 juta hanya cukup untuk menyelenggarakan pesta standar, dan biaya Rp120 juta dianggap biasa. Wah, mahal sekali ya? Lalu bagaimana caranya agar pesta pernikahan bisa lebih hemat dan tetap berkesan?

Simak beberapa cara berikut yang dikutip dari CekAja.com.

Pangkas jumlah tamu

Semakin sedikit tamu yang diundang, semakin murah pula biaya yang dikeluarkan. Tapi karena ikatan kekerabatan di Indonesia sangat kental, memangkas jumlah tamu undangan bisa jadi tugas berat. Takutnya timbul omongan buruk sehingga jalinan silaturahmi jadi terputus. (Baca juga: Kenapa Anda dan Pasangan Harus Sama-sama Punya Pekerjaan Kalau Mau Menikah?)

Tapi mengurangi 50 orang saja bisa sangat menghemat biaya loh. Misalnya jika biaya per orang per porsinya Rp60.000 termasuk gubuk, Anda bisa berhemat Rp3 juta. Lumayan kan untuk menambah biaya bulan madu?

Pangkas biaya cetak

Untuk teman atau kerabat yang aktif di media sosial, kirimkan saja undangan dalam bentuk digital. Sehingga Anda hanya perlu mencetak undangan untuk kerabat yang lebih tua atau orang-orang yang dihormati.

Jenis kertas, kualitas cetakan, dan desain rumit membuat harga undangan semakin mahal. Sebagus apapun undangan pernikahanmu, mereka yang menerimanya tidak akan membingkainya di ruang tamu kok. Paling-paling undangan berakhir di laci bahkan tempat sampah. Karenanya, buat apa bikin yang mahal?

Hitung biaya baju

Gaun pengantin berbahan poly satin lebih murah dibandingkan silk satin. Kalau mau lebih murah, Anda bisa menyewa baju yang tersedia di salon atau memakai warisan dari saudara dan orangtua.

Begitu juga dengan jas yang dipakai mempelai pria. Menyewa jauh lebih murah daripada membeli jas khusus pengantin. Kalau konsep pernikahanmu semi formal, pakai saja jas sendiri.

Hitung biaya cincin pernikahan

Sekarang ini ada banyak pilihan cincin pernikahan berbahan baku selain emas. Tentu saja harga bahan dasar dan berat turut menentukan harga cincin. Harga perak relatif lebih murah daripada logam mulia lainnya, sedangkan harga paladium (bagi pria Muslim yang tidak memakai emas) biasanya dipatok sama dengan harga emas. Pilihan lainnya yakni platina, titanium, dan stainless steel.

Platina sebagai bahan dasar terkenal karena kekuatan serta kualitasnya yang tahan lama. Tapi harganya pun mahal. Titanium kuat, ringan, dan murah. Tapi karena terlalu kuat, modelnya pun terbatas. Stainless steel sangat murah, tapi kecantikannya tetap memudar.

Memesan cincin pusat perhiasan di pasar lokal lebih murah daripada di toko perhiasan di mal. Ini karena ongkos pembuatan di pasar lokal lebih rendah.

Siasati dekorasi

Alasan dekorasi pesta pernikahan mahal adalah penggunaan bunga segar. Selain itu, dengan memilih lokasi outdoor di pagi atau sore hari, Anda dapat menghemat lighting serta dekorasi karena suasana hijau yang alami.

Tema rustic bisa Anda pilih karena tema ini menggunakan sedikit bunga dan banyak bahan daur ulang. Tapi kalau tetap ingin gunakan banyak bunga, gunakan bunga artifisial (palsu).

Siasati gubuk

Biasanya dalam pesta pernikahan, tamu akan lebih menyerbu gubuk-gubung makanan daripada prasmanan. Hasilnya gubuk lebih cepat habis dan makanan prasmanan tersisa banyak.

Untuk menyiasatinya, pesan prasmanan dan gubuk dengan porsi 60:40. Semakin banyak gubuk yang Anda pesan, kurangi jumlah makanan di prasmanan.

Manfaatkan keuntungan untuk bulan madu

Saking mahalnya biaya pernikahan, banyak pasangan yang sudah tidak punya uang lagi untuk berbulan madu. Padahal Anda juga pasti butuh waktu santai berdua setelah serangkaian pesta pernikahan yang melelahkan. Bulan madu ibarat kado pernikahan pertama dan akan jadi kenangan seumur hidup. (Baca juga: Siap Meminang Gadis Dari Daerah Ini, Artinya Anda Sudah Punya Uang Banyak)

Kalau Anda berdua pengguna kartu kredit aktif, coba manfaatkan mileage/frequent-flyer miles untuk memangkas tiket pesawat. Kalau tidak punya banyak waktu, coba kunjungi travel. Biasanya mereka punya paket perjalanan bulan madu singkat dengan harga bersaing.

(da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section