1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Ini 5 Tips Berhemat untuk si Anak Sekolah

Sedari dini perlu dilatih untuk mengatur keuangan agar saat kuliah dan bekerja nanti sudah terbiasa hidup hemat.

By Dian Rosalina 22 Juli 2016 13:50
Ilustrasi Menabung (blog.credit.com)

Money.id - Banyak pelajar yang masih kesulitan mengatur uang saku bulanannya. Padahal sedari dini perlu dilatih untuk mengatur keuangan agar saat kuliah dan bekerja nanti sudah terbiasa hidup hemat.

Dilasir dari Cek Aja, Jumat 23 Juli 2016, berikut ini ada lima tips yang bisa Anda lakukan untuk berhemat uang saku dan biaya sekolah Anda.

Cari Info Beasiswa

Untuk sekolah negeri di kota-kota besar seperti Jakarta, sebenarnya biaya pendidikan sudah gratis hingga SMA. Namun, bila Anda bersekolah yang masih memberlakukan pembayaran uang sekolah, sebaiknya carilah info mengenai beasiswa. Itu akan membantu meringankan pengeluaran sekolah hingga lulus nanti.

Jual Buku-buku Lama

Di rumah banak buku-buku menganggur dan tidak terpakai. Mulai dari novel-novel lama, buku pelajaran sampai komik. Sebaiknya jual saja untuk mendapatkan uang tambahan. Hasil penjualan buku tersebut, bisa dimanfaatkan untuk modal bisnis kecil-kecilan seperti jual-beli buku bekas. Dan keuntungannya bisa Anda tabung atau jadi uang saku tambahan.

Pinjam Buku di Perpustakaan

Dibanding membeli buku dengan harga yang mahal, manfaatkan saja fasilitan perpustakaan sekolah atau perpustakaan umum. Namun perlu Anda ketahui bahwa buku tersebut bukan milik Anda tapi punya perusahaan. Jadi jagalah baik-baik dan kembalikan tepat waktu.

Manfaat Kartu Pelajar untuk Belanja

Anda harus pintar-pintar memanfaatkan status sebagai pelajar. Ketika pergi berbelanja buku atau bahkan pergi makan di kafe bersama teman-teman. Sebaiknya cari tempat yang menawarkan diskon khusus untuk pelajar, sebab diskon yang diberikan pelajar cukup membantu, loh.

Tekan Biaya Transportasi Harian

Agar pengeluaran bulanan makin irit, cobalah berhemat biaya transportasi. Bila orangtua Anda menyediakan kendaraan, pilih kendaraan yang irit bensin. Karena masih pelajar, jangan terlalu mementingkan gaya dibanding manfaat. (dwq)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section