1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Tips Beli Rumah di Tengah Kota dengan Harga Miring

Dengan sedikit trik dan kesabaran, mendapatkan rumah dengan kriteria itu masih masuk akal.

By Dwifantya Aquina 20 Juli 2016 12:09
Beli rumah di tengah kota bukan hal mustahil dengan cara ini (Pixabay)

Money.id - Banyak orang bilang punya rumah di Jakarta tidak mudah. Orang harus menyiapkan uang cukup banyak untuk memiliki hunian di Jakarta. Maklum, ketersediaan lahan yang terbatas tidak sebanding dengan tingginya permintaan.

Akhirnya, penjual mematok harga yang kerap tak masuk akal. Oleh karenannya, banyak orang yang bekerja di Jakarta memilih membeli rumah di pinggiran kota yang harganya lebih terjangkau.

Lantas, apakah mendapatkan harga rumah di Jakarta yang jauh di bawah harga pasar yang kerap tak masuk akal adalah mustahil? Rupanya, dengan sedikit trik dan kesabaran, mendapatkan rumah dengan kriteria itu masih masuk akal. Tertarik mendapatkan rumah murah di tengah kota Jakarta? Berikut ini bocoran tips yang dilansir CekAja.com:

Dekati Special Assets Bank
Kunci utama untuk mendapatkan rumah murah adalah jaringan yang luas. Hal ini tidak cuma berlaku bagi kamu yang ingin punya rumah di Kota Jakarta, melainkan berlaku untuk seluruh wilayah di Indonesia. Bila kamu cukup supel dan mudah bergaul, cobalah dekati salah seorang petugas special assets bank. (Baca juga: Strategi Siapkan Uang Muka Beli Rumah dalam Dua Tahun)

Salah satu tugas pegawai bank satu ini adalah mengelola aset yang macet seperti kredit tanpa agunan dan KPR. Asal kamu tahu, rumah merupakan benda yang paling sering dijadikan sebagai agunan kredit. Dan, tidak sedikit pula yang gagal bayar. Akhirnya, bank menyita jaminan tersebut.

Agunan itu kemudian dijual kembali atau dilelang untuk menutup kerugian bank. Biasanya, nilai rumah sitaan bank sangat jauh di bawah harga pasar. Harga murah dikarenakan bank ingin secepat mungkin mencairkan aset tersebut dalam bentuk uang. Bila kamu punya kenalan seorang petugas special asset, mendapatkan info soal rumah murah di tengah kota Jakarta bukan hal yang sulit.

Jadilah pemburu rumah
Kunci lain yang harus kamu terapkan bila ingin mendapatkan rumah dengan harga murah di Jakarta adalah menjadi pemburu. Seperti seorang pemburu sejati, kamu harus sabar menunggu di suatu tempat hingga mangsa yang kamu incar lewat. Hal ini juga berlaku saat berburu rumah.

Kamu tidak bakal mendapatkan rumah murah di lokasi yang jadi incaran bila hanya sesekali lewat di tempat itu. Cobalah untuk mencari kenalan warga setempat. Bahkan, bila perlu kamu harus tinggal dengan cara mengontrak di lokasi sasaran selama bertahun tahun. (Baca juga: Istilah yang Wajib Dicatat Agar Tidak Tertipu Saat Beli Rumah)

Dengan tinggal di daerah itu, kamu akan tahu siapa warga asli yang punya kebutuhan uang mendesak dan ingin menjual rumahnya. Tipe orang yang biasanya menjual rumah dengan harga murah adalah pensiunan pegawai negeri sipil yang ingi pulang atau pindah ke luar kota dan anak-anak yang mendapatkan harta warisan. Cara pikir penjual seperti ini tidak lagi mempertimbangkan keuntungan tapi cepat mendapat uang tunai.

Buang pulsa untuk agen properti
Cara terakhir juga efektif namun kamu harus mengorbankan pulsa. Cobalah untuk mengontak sebanyak banyaknya agen properti. Jelaskan keinginan kamu dan bujet yang kamu miliki. Minta update informasi bila ada penjual rumah yang menawarkan harga miring di daerah sasaran. (Baca juga: Kartu Kredit Terbaik di Tahun 2016 Buat Kamu Penggila Traveling Ada Di Sini)

Biasanya agen tidak pernah memperdulikan harga jual. Karena orientasi agen adalah mempercepat transaksi sehingga bisa mendapatkan komisi. Bila kamu cukup dekat dengan agen, mereka bahkan bisa mempengaruhi penjual untuk menurunkan harga rumah. Syaratnya, kamu harus sedikit berkorban dengan rajin menelepon atau sms agen properti.

Baca Juga

 

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section