1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Masih Pengangguran? Ini Cara Menghemat Keuangan Anda

Dalam kondisi seperti itu, Anda tentu harus mengatur keuangan sedemikian rupa agar uang Anda cukup sampai Anda menerima pemasukan.

By Dian Rosalina 18 Juli 2016 16:10
Ilustrasi Menghemat Uang (Dailyfinance)

Money.id - Ketika Anda baru lulus kuliah dan sedang menjalani proses melamar pekerjaan, tentu saja tidak ada pemasukan yang tetap untuk Anda. Tidak cuma untuk para freshgraduate saja, Anda yang sudah bekerja dan memutuskan resign dari tempat bekerja juga pasti mengalami krisis keuangan.

Dalam kondisi seperti itu, Anda tentu harus mengatur keuangan sedemikian rupa agar uang Anda cukup sampai Anda menerima pemasukan. Dilansir dari Cermati, Senin 18 Juli 2016, berikut ini cara untuk menghemat pengeluaran ketika Anda menjadi pengangguran.

Makan di Rumah

Usahakan untuk tidak membeli makan di restoran atau kafe, karena bagaimana pun juga mengolah makanan sendiri lebih murah dan sehat. Hindari makanan di tempat-tempat yang serba fast food atau cepat saji.

Anda bisa mulai berbelanja bahan makanan di paasr tradisional seperti beras, ayam, sayuran, buah, dan bumbu daput untuk memenuhi kebutuhan makan Anda. Belilah makanan dalam ukuran kilogram agar mendapatkan harga jauh lebih murah.

Hentikan Kebiasaan Merokok

Merokok adalah kebiasaan buruk yang bisa menghabiskan uang Anda. Percaya atau tidak, uang yang dikeluarkan untuk merokok ternyata sangat banyak. Satu bungkus rokok yang dibeli, cukup loh untuk membeli kebutuhan makan selama satu hari atau biaya transportasi ketika Anda wawancara kerja.

Bijak menggunakan uang Anda selama dalam masa menganggur. Terlebih, rokok bisa berpengaruh buruk terhadap kondisi psikologis dan kesehatan.

Transportasi Alternatif

Pengeluaran untuk membei bensin mobil harus kamu pertimbangkan untuk dikurangi, begitu juga motor. Jika mau pergi ke suatu tempat untuk keperluar tertentu, cukup gunakan transportasi publik untuk menghemat pengeluaran Anda.

Buat Rencana Pengeluaran yang Realistis

Di tengah situasi keuangan yang sedang krisis, membuat rancana pengeluaran adalah wajib hukumnya. Dalam rencana pengeluaran tersebut, ingat Anda harus serealistis mungkin. Hindari kebutuhan barang yang tidak perlu, dan tetaplah memasukkan anggaran kebutuhan rutin seperti biaya makan dan transportasi.

Negosiasi Harga Sewa Kost

Bila Anda memilih kost sebagai tempat tinggal Anda, coba negosiasikan harga dengan pemilik kost atau rumah yang akan Anda sewa. Anda bisa membayar biaya kost atau sewa rumah dalam dua termin. Jika Kamu berkomunikasi dengan baik dan jujur pada pihak penyewa, maka dia akan mengerti.

Jangan Ragu Menerima Bantuan Uang

Jika teman atau keluarga kamu mengulurkan bantuan berupa pemberian uang, jangan ragu untuk menerimanya. Anggap saja sebagai pinjaman lunak, jika kamu sudah bekerja dan punya penghasilan tetap, maka uang itu bisa diganti. (dwq)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section