1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

5 Cara Cepat Kaya Tanpa Penghasilan Tambahan

Gaya hidup adalah hal yang paling mempengaruhi kebutuhan finansial Anda.

By Dwifantya Aquina 13 Juli 2016 19:19
Ilustrasi banyak uang (Playbuzz)

Money.id - Jika seseorang bertanya pada kamu bagaimana cara menjadi kaya, maka umumnya kamu akan menjawab ‘cari duit sebanyak-banyaknya’ kan? Ya, itu memang salah satu jalan yang umum untuk mengumpulkan kekayaan. Namun, ternyata masih ada cara lain untuk menjadi kaya tanpa repot mengumpulkan uang dari kerja sampingan atau mengharapkan naik gaji.

Penasaran bagaimana cara cerdas tambah kaya tanpa tambah penghasilan? Simak artikel HaloMoney berikut ini.

1. Ubah gaya hidup kamu

Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah mengubah gaya hidup kamu. Misalnya, kamu terbiasa membeli baju kerja ber-merk beken seharga jutaan rupiah. Coba pikirkan apakah kamu perlu baju kerja jutaan rupiah untuk bisa bekerja, atau cukup beli yang merk biasa namun kualitasnya cukup bagus dan harganya jauh lebih murah.

“Gaya hidup juga dapat dipengaruhi oleh lingkungan pergaulan. Teman yang baik tidak akan memaksa kamu mengikuti gaya hidup mereka. Jadilah dirimu sendiri.”

2. Tabung uang receh kamu

Sering mendapatkan uang receh dari kembalian setelah belanja? Jangan dibiarkan saja! Siapkan celengan atau botol kecil untuk menampung uang receh yang kamu terima sehabis belanja. Jika kamu sering menabung uang receh sedikit demi sedikit, maka jangan kaget kalau setiap akhir tahun kamu bisa menambah tabungan hingga lebih dari Rp500 ribuan.

“Tukarkan uang receh yang kamu tabung pada pedagang kecil atau pengusaha UKM. Mereka akan senang menerimanya karena membutuhkannya untuk kembalian.”

3. Manfaatkan situs penjual voucher diskon

Saat ini, banyak terdapat situs atau aplikasi yang menjual voucher diskon untuk belanja hemat. Coba periksa apakah di antaranya ada yang menjual voucher terkait kebutuhan kamu. Kamu bisa mengajak teman juga untuk menggunakan voucher tersebut jika nominalnya terlalu besar untuk dihabiskan seorang diri.

“Pastikan kamu membeli voucher yang memang sesuai kebutuhan kamu saja. Kamu bisa lebih hemat dari pengeluaran sehari-hari untuk menambah tabungan kamu.”

4. Potong pengeluaran yang tidak esensial

Saatnya memeriksa pengeluaran kamu selama ini. Perhatikan pengeluaran yang sifatnya tidak esensial alias pengeluaran yang tidak benar-benar diperlukan untuk hidup sehari-hari. Kamu bisa memotong, menghilangkan, atau mencari alternatif pengganti atas pengeluaran tidak esensial kamu.

“Sebagai contoh, daripada kamu menghabiskan banyak uang untuk beli DVD bajakan untuk memuaskan hobi nonton, coba pilih berlanggananan TV kabel atau online movie streaming yang lebih murah.”

5. Pakai kartu kredit untuk dapatkan cashback

Cara cerdas lain untuk menambah tabungan tanpa menambah penghasilan adalah dengan memanfaatkan cashback. Biasanya, cashback dapat kamu terima saat berbelanja dengan menggunakan kartu kredit. Gunakan kartu kredit yang sesuai kebutuhan kamu dan periksa promo cashback yang sesuai kebutuhan kamu. Cashback dapat kamu gunakan untuk menambah tabungan kamu.

“Jika kamu gemar belanja di supermarket tertentu, coba cari kartu kredit yang menawarkan fitur diskon atau cashback di supermarket tersebut. Kamu bisa manfaatkan fitur perbandingan kartu kredit di HaloMoney.co.id untuk mencari kartu kredit yang pas untuk kebutuhan kamu.”

Jika cara di atas bisa dikombinasikan dengan tambahan penghasilan, maka kamu akan semakin cepat lagi menuju kesuksesan finansial.

 

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section