1. HOME
  2. FINANCE
CEK AJA

5 Trik Belanja Murah Meriah Jelang Lebaran

Ada kartu yang memberikan keuntungan, seperti diskon khusus, diskon tambahan, doorprize dan promo lainnya.

By Stella Maris 2 Juli 2016 12:02
Ilustrasi persiapan belanja (Pixabay)

Money.id - Jelang Hari Raya Idul Fitri, pengeluaran dipastikan akan membengkak dua kali lipat. Nah agar Anda tak langsung 'termakan' buaian potongan harga alias diskon, ada trik khusus saat belanja jelang Lebaran.

Dikutip laman CekAja, Sabtu 2 Juli 2016, berikut lima tips belanja Lebaran agar lebih murah.

Diskon
Tips pertama yang harus dilakukan kalau ingin belanja keperluan Lebaran murah adalah berburu diskon. Biasanya, pusat perbelanjaan bakal menawarkan diskon besar-besaran jelang Lebaran. Begitupun toko online, diskon yang diberikan tak tanggung-tanggung mencapai 90%.

Tidak ada salahnya mencari perbandingan harga antara tempat belanja yang satu dan lainnya. Membandingkan diskon dan harga di toko online juga bisa dilakukan. Cukup luangkan waktu lebih lama di depan notebook atau komputer kesayangan, pengeluaran belanja lebaran bisa jadi lebih irit.

(Baca juga: Cukup Lakukan Hal Ini, Ongkos Naik Pesawat Bisa Makin Irit)

Kartu Anggota
Bagi Anda yang memiliki kartu member atau anggota sebuah pusat perbelanjaan, saat ini adalah waktu tepat untuk memanfaatkannya. Biasanya, kartu tersebut bakal memberikan keuntungan, seperti diskon khusus, diskon tambahan, doorprize dan promo lainnya.

Sudah pasti, dengan kartu tersebut Anda bisa lebih irit berbelanja. Jadi, tak ada salahnya untuk membuat kartu member belanja.

Beli Banyak
Tips lainnya yang bisa bikin irit uang belanja Lebaran adalah membeli dalam jumlah banyak. Misalnya Anda ingin membeli baju muslim untuk keluarga, sebaiknya beli di satu toko sekaligus.

Kenapa demikian? Karena biasanya ada penawaran dan potongan harga yang cukup menarik. Sehingga, harga yang didapatkan bisa lebih murah, dibanding membelinya satu per satu di tempat terpisah.

Utamakan Keperluan
Hal penting yang mesti diingat saat belanja lebaran yaitu mengutamakan kebutuhan dibandingkan keinginan. Keinginan membeli sejumlah barang jelang Lebaran, disebabkan karena kehadiran uang Tunjangan Hari Raya (THR) yang dirasakan setahun sekali, sehingga menjadikan Lebaran terasa sangat spesial dan perlu ada perlakuan khusus.

Namun, Anda juga perlu menyadari bujet yang dimiliki. Utamakanlah keperluan, jangan hanya karena menuruti keinginan setelah lebaran nanti Anda mengalami kebangkrutan.

(Baca juga: 5 Cara yang Biasa Dilakukan Orang Indonesia Untuk Mendapatkan Uang Tambahan Lebaran)

Kartu Kredit
Terakhir, Anda bisa menghemat anggaran belanja menggunakan kartu kredit. Manfaatkan promo serta tawaran yang ada pada kartu kredit milikmu, di sinilah fungsi dan manfaat kartu kredit benar-benar terasa. Pengeluaran belanja lebaran dapat ditekan dengan menggunakan kartu kredit secara bijak.

 

(sm/sm)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section