1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Cara Agar Rumah Aman Ketika Ditinggal Mudik Lebaran

Ada dua hal yang biasanya membuat khawatir saat rumah ditinggal, yaitu...

By Abdul Kharis 4 Juli 2016 14:10
Ilustrasi rumah (axiomfinancial.com)

Money.id - Mudik atau pulang ke kampung halaman tercinta dilakukan setiap tahun atau menjelang Lebaran tiba. Saat mudik, Anda mungkin akan meninggalkan rumah selama beberapa hari bukan? Jadi jangan khawatir lagi, bila rumah Anda bermasalah. 

Ada dua hal yang biasanya membuat khawatir saat rumah ditinggal, yaitu aksi pencurian atau kebakaran. Untuk menanggulangi hal tersebut, Anda dapat mengasuransikan rumah sebelum ditinggal pergi ke kampung halaman.

Berikut ini adalah tips agar menjaga rumah tetap aman walaupun ditinggal mudik.

1. Hindari korsleting listrik
Korsleting listrik menjadi penyebab besar kejadian kebakaran pada sebuah properti.

Karena itu, pastikan seluruh peralatan listrik dan peralatan elektronik sudah benar-benar dalam kondisi aman.

Hal itu penting dilakukan untuk menghindari kemungkinan terjadinya arus pendek (korsleting) atau hal-hal lain yang tidak diinginkan selama rumah dalan kondisi kosong.

Cara yang paling aman adalah dengan mencabut steker alat listrik dari stop kontaknya, begitu juga dengan steker untuk Air Conditioner (AC).

Untuk lebih aman, matikan MCB dari kotak sekering utama, kecuali ke jurusan arus listrik yang perlu hidup seperti kulkas dan lampu teras. (Baca juga: 4 Asuransi yang Wajib Dimiliki Sebelum Mudik Lebaran)

2. Perbanyak sistem keamanan
Untuk mencegah kemungkinan pencurian, Anda bisa memperketat sistem keamanan rumah dengan sistem alarm atau memasang kamera CCTV.

Ada juga layanan kamera pemantau jarak jauh yang dikembangkan sebuah operator telepon seluler yang mungkin bisa menjadi pilihan Anda untuk memantau kondisi rumah.

Selain mencoba memasang perangkat keamanan yang lebih ketat, Anda juga bisa memasang kunci pintu rumah dan pagar yang lebih menjamin.

Bisa dengan menggunakan ukuran gembok yang lebih besar misalnya, atau memasang beberapa gembok untuk memastikan pintu tak mudah dibuka paksa. 

Selengkapnya klik di sini! (els)

 

 

BACA JUGA

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section