1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Rayakan Lebaran di Rumah dengan 4 Strategi Hemat Berikut!

Anda tetap bisa menjamu keluarga besar saat Lebaran tiba dengan tetap hemat.

By Dwifantya Aquina 4 Juli 2016 16:08
Ilustrasi menyambut hari raya Lebaran

Money.id - Saat Ramadan berakhir, umat Muslim di seluruh dunia akan merayakan hari raya Lebaran. Tentu ada berbagai macam aktivitas yang bisa dilakukan pada saat hari raya Lebaran. Bagi kamu yang kebetulan tidak mudik dan menjadikan rumah sebagai tempat berkumpulnya keluarga besar, ini saat yang tepat untuk mengadakan jamuan Lebaran!

Hanya saja, kamu tentu sudah menyadari kalau pengeluaran di bulan Ramadan ini lebih berat dari bulan-bulan lainnya. Kamu kamu tidak berusaha untuk menghemat pengeluaran yang tersisa, bisa-bisa arus kas kamu di bulan ini bocor cukup parah.

Coba simak beberapa strategi hemat merayakan Lebaran di rumah berikut:

1. Masak seluruh kue dan hidangan Lebaran sendiri

Kue-kue Lebaran, ketupat, dan hidangan lain tentu akan lebih nikmat kalau kamu membuatnya sendiri, dan tentunya hemat juga dibandingkan menggunakan jasa katering. Ajaklah keluarga yang serumah untuk belanja dan mempersiapkan hidangan Lebaran. Pastikan kamu sudah memperkirakan jumlah orang yang akan datang agar tidak memasak berlebihan ya.

Baca juga: 5 Alternatif Moda Transportasi Mudik yang Paling Hemat dan Tepat untuk Kamu

2. Siapkan daftar kebutuhan dan budget

Satu hal yang sudah pasti, buatlah secara lengkap daftar keperluan yang dibutuhkan untuk mengadakan jamuan Lebaran. Contohnya, kamu bisa mendata apa saja makanan yang akan kamu sajikan, apa saja hiasan yang diperlukan, berapa jumlah orang yang diperkirakan akan datang. Dari sini, kamu bisa menetapkan budget jamuan Lebaran sekaligus mencari celah penghematan.

Baca juga: 5 Tips Pengelolaan Keuangan Bijak Menjelang Akhir Bulan Ramadhan

3. Buat hiasan bertema Ramadan sendiri

Hiasan bertema Lebaran bisa membantu memeriahkan suasana, meskipun tidak perlu terlalu berlebihan. Untuk membuat hiasan bertema Lebaran, kamu bisa coba memanfaatkan kreativitas kamu untuk membuatnya sendiri (DIY - Do It Yourself). Ajak saudara atau anak yang serumah untuk membuat bersama sebagai kegiatan sampingan yang menyenangkan.

Baca juga: 4 Pengaruh Brexit Terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Sehari-hari

4. Manfaatkan promo saat belanja

Jika kamu perlu pergi belanja untuk membeli bahan-bahan yang diperlukan terkait jamuan Lebaran, maka carilah toko atau supermarket yang menawarkan promo belanja Ramadhan. Sebagai alternatif, kamu juga bisa belanja di situs/aplikasi belanja online yang biasanya memang rajin memberikan diskon dan promo terkait Ramadan.

Kebanyakan dari promo tersebut dapat dinikmati kalau kamu belanja dengan kartu kredit. Kamu bisa mencari kartu kredit yang tepat untuk kebutuhan kamu dengan memanfaatkan situs perbandingan produk keuangan populer seperti HaloMoney.co.id untuk mempermudah kamu melakukannya.

 

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section