1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

5 Hal Penting tentang Uang yang Harus Diajarkan pada Anak

Mayoritas anak-anak saat ini seolah tak mau tahu dengan kondisi keuangan orangtuanya.

By Azalia Amadea 17 Juli 2016 08:05
Ilustrasi mengajarkan anak tentang uang (gobangkingrates.com)

Money.id - Uang memiliki pengaruh baik dan buruk untuk rumah tangga, persahabatan, dan bahkan kepribadian dapat rusak karena benda itu. Pengaruh buruk uang juga dapat mempengaruhi anak-anak.

Dilansir laman womanitely.com, Minggu 17 Juli 2016, sebelum terlambat pastikan anak-anak Anda mengenal pelajaran tentang uang berikut ini: 

1. Tak semua orangtua kaya raya
Mayoritas anak-anak saat ini seolah tak mau tahu dengan kondisi keuangan orangtuanya. Mereka tak pernah berhenti meminta barang yang disukainya.

Penyebabnya adalah internet. Sebagian mereka menghabiskan terlalu banyak waktu menonton video YouTube tentang anak-anak kaya yang hidup mewah. Hal ini menimbulkan perasaan tertekan dan iri, karena mereka tak memiliki kehidupan seperti itu.

2. Uang tak bisa beli kebahagiaan
Ada sebuah kalimat bijak yang cukup bagus dipakai untuk mengajarkan tentang uang kepada anak-anak. 'Semakin banyak uang yang diperoleh, semakin sedikit masalah yang muncul. Memiliki banyak uang memang menyenangkan, tetapi dalam kenyataannya, uang dalam jumlah besar justru menyebabkan masalah besar'.

Tanamkan bahwa uang yang didapat hanya membawa kebahagiaan semu dalam kehidupan. Pada akhirnya uang tak pernah mendatangkan kebahagiaan.

3. Cerdas kelola uang buat hidup jadi lebih mudah
Terkadang anak-anak perlu diberi pemahaman pengelolaan uang secara cerdas. Lebih baik membeli makanan daripada mainan baru ketika keuangan keluarga sedang menurun. Jika sudah demikian, orangtua tak akan takut pergi berbelanja dengan anak-anak. Itu karena orangtua tahu bahwa anak mereka tak akan menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak perlu.

4. Memasak di rumah, cara terbaik hemat uang
Saat ini makan di luar menjadi tradisi orang-orang modern. Namun, terlalu sering makan di luar ternyata dapat menguras dompet dan merusak kesehatan. Cobalah memasak bersama-sama sesering mungkin, untuk menunjukkan kepada anak-anak bahwa memasak di rumah adalah kegiatan yang menyenangkan.

5. Ubah hobi jadi bisnis
Berkat internet, hobi bisa diubah menjadi pekerjaan atau bisnis yang menghasilkan uang. Coba perhatikan berapa banyak anak-anak yang pandai mencari uang di YouTube, Instagram, atau Etsy.

Bantu anak-anak menggunakan keterampilan dan hobi mereka untuk memperoleh uang tambahan secara online. Mereka akan bangga pada diri mereka sendiri dan keuangan keluarga bertumbuh baik. (els)

Baca Juga

 

(aa/aa)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section