1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Ini 4 Indikator Anda Siap Punya Anak Secara Finansial

Semua harus dipersiapkan untuk memberikan yang terbaik untuk anak Anda nantinya.

By Dian Rosalina 15 Juli 2016 14:10
Ilustrasi Memiliki Anak (hennelleyfinancial)

Money.id - Setelah menikah tentu saja hal yang ingin Anda miliki adalah mempunyai buah hati yang lucu. Namun membesarkan anak dan merawatnya bukan perkara mudah, perlu kesiapan fisik, mental, dan kesiapan secara finansial.

Oleh karena itulah, semua harus dipersiapkan untuk memberikan yang terbaik untuk anak Anda nantinya. Anda beberapa hal yang perlu disiapkan, terutama secara finansial. Dilansir dari CekAja, Jumat 15 Juli 2016, inilah empat indikator yang bisa menentukan Anda siap atau tidak untuk memilikinya.

Cek Kas Bulanan Anda

Hal pertama yang menjadi indikator adalah kondisi finansial bulanan Anda. Perhatikan bagaimana pengeluaran dan pemasukannya setiap bulan? Apakah keduanya memiliki perbandingan yang baik atau tidak?

Bila Anda telrlau banyak pengeluaran untuk belanja, bayar cicilan dan pengeluaran lainnya sampai-sampai hampir atau bahkan melebihi pemasukan sebaiknya pikirkan ulang rencana memiliki anak.

Punya Dana Darurat

Banyak penasihat keuangan mengatakan Anda setidaknya harus menyisihkan satu pertiga dari pendapatan untuk dana darurat. Memang, jumlah bisa relatif, namun dengan memiliki dana tersebut keuangan Anda akan sangat sehat.

Kalau tidak bisa mengumpulkan dana darurat sebesar itu, setidaknya 10 persen dari penghasilan Anda setiap bulan sudah cukup.

Pemasukan Stabil

Apapun profesi dan pekerjaan Anda, pemasukan yang stabil adalah keharusan ketika memutuskan ingin memiliki anak. Dalam keadaan ekonomi Indonesia yang turun naik, hal tersebut pasti juga berpengaruh kepada kondisi finansial Anda.

Tapi setidaknya, untuk beberapa waktu kedepan Anda harus memiliki pemasukan stabil agar urusan biaya rumah tangga serta biaya si kecil bisa diatur jauh-jauh hari.

Sudah Punya Tabungan Pensiun

Berencana memiliki anak? Pastikan Anda memiliki dana pensiun. Kenapa harus sejak dini? Sebab ketika Anda mempunyai anak, Anda akan menghabiskan uang banyak untuk keperluannya. Tanpa disadari, ini akan mempengaruhi kondisi keuangan Anda di masa depan. (dwq)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section