1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Ragu Pinjam Modal Usaha di Bank? Intip Dulu Keuntungannya

Kini masyarakat yang ingin membuka usaha sering memilih fasilitas kredit usaha dari bank. Tapi masih ada juga yang belum mempercayai...

By Dian Rosalina 25 Juli 2016 12:10
Ilustrasi Bank (en.trendz)

Money.id - Merintis sebuah bisnis tentu saja memerlukan waktu dan persiapan yang matang. Terlebih untuk bisnis berskala menengah atau berskala besar membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Usaha apapun saat ini hampir semua membutuhkan modal, bahkan Anda harus rela mengeluarkan uang tambahan untuk biaya operasional beberapa bulan pertama tanpa adanya pemasukan. Kendala permodalan untuk usaha sering jadi persoalan, terutama jika usaha tersebut membutuhkan uang banyak, namun modal yang Anda punya cuma sedikit.

Satu-satunya cara penyelesaiannya adalah meminjam modal dari bank. Kini masyarakat yang ingin membuka usaha sering memilih fasilitas kredit usaha dari bank.

Tapi masih ada juga yang belum mempercayai kredit tersebut sebab takut akan risiko yang didapat kedepannya. Padahal banyak keuntungan bila Anda meminjam modal dari bank. Berikut keuntungannya yang dilansir dari Cermati, Senin 25 Juli 2016.

Modal Pinjaman Lebih Besar

Keuntungan meminjam uang di bank adalah Anda bisa mendapatkan jumlah modal yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Tak perlu khawatir dengan jumlah uangnya, sebab bank memiliki semua jenis produk keredit modal usaha dengan nilai yang Anda butuhkan.

Pinjaman dalam jumlah besar tidak akan Anda dapatkan dengan meminjam kepada teman yang memiliki modal terbatas. Mengajukan pinjaman ke bank lebih aman dibandingkan meminjam uang di rentenir dengan bunga yang tinggi.

Pinjaman Syariah Non Riba

Bagi Anda yang merasa khawatir dengan risiko riba bank, di Indonesia kini sudah banyak produk bank syariah. Anda bisa memanfaatkan fasilitas pinjaman tanpa riba alias syariah yang sesuai dengan kemapuan Anda. Pinjaman modal usaha dari bank syariah justru lebih baik ketimbang Anda terjerat pinjam modal dari rentenir.

Cicilan Sesuai Kemampuan

Dengan meminjam bank, Anda bisa lebih tenang karena proses, hingga cara pembayarannya yang bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda. Bank akan memberikan Anda simulasi hitungan cicilan yang harus Anda bayar setiap bulannya dengan suku bunga kompetitif dalam kurun waktu yang sudah disepakati. Bank juga akan membantu Anda menginformasikan jika Anda telat membayar cicilan hingga dendanya

Produk Kredit Beragam

Produk pinjaman modal usaha di bank yang cukup terkenal antara lain kredit multiguna (KMG), kredit tanpa agunan (KTA), atau kredit usaha rakyat (KUR). Masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. KMG akan mempersyaratkan adanya aset jaminan, KTA bisa didapatkan tanpa agunan, dan KUR memberikan suku bunga yang lebih ringan namun ada syarat usaha tertentu yang wajib diperhatikan. Ada pula produk pinjaman plus asuransi usaha.

Pembekalan Usaha

Selain memberikan kredit untuk modal usaha, pihak bank juga memiliki fasilitas pembekalan usaha semacam workshop, seminar atau pelatihan manajemen untuk Anda. Pembekalan usaha yang diadakan bank untuk para debitur tidak dipungut biaya.

Ada banyak pelatihan meningkatkan ilmu manajemen dan strategi bisnis yang bisa Anda pelajari agar bisnis Anda bisa terus berkembang dengan pesat. Pilihlah bank yang aktif memberikan banyak pelatihan untuk debiturnya agar Anda bisa mendapatkan manfaat lebih untuk kebaikan bisnis yang Anda jalankan.

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section