1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Sudahkah Anda Menyiapkan Warisan Sedari Dini?

Warisan menjadi sangat penting karena mencegah waris jatuh ke tangan yang tidak berhak, mencegah konflik keluarga, dan...

By Dian Rosalina 21 Juli 2016 18:25
Ilustrasi Hari Tua (Telegraph)

Money.id - Tidak ada yang bisa memprediksi kapan kematian akan menghampiri. Pernahkah Anda memikirkan, setelah Anda tiada kemana harta benda yang Anda miliki?

Tentu kepada ahli waris Anda bukan? Namun sebelum Anda mengetahui apa yan harus dilakukan sebelum membuat surat wasiat untuk warisan, ketahui dulu apa itu warisan.

Dilansir dari Cermati, Kamis 21 Juli 2016, ahli waris atau orang yang menerima warisan adalah orang yang berhak menerima harta peninggalan orang yang telah meninggal, baik karena hubungan keluarga, pernikahan, maupun karena memerdekakan hamba sahaya.

Singkatnya, warisan adalah berpindahkan hak dan kewajiban atas segala sesuatu baik harta maupun tanggungan dari orang yang telah tiada kepada orang yang masih hidup.

Warisan menjadi sangat penting karena mencegah waris jatuh ke tangan yang tidak berhak, mencegah konflik keluarga, dan memberikan hak kepada keluarga Anda yang membutuhkan.

Waktu yang tepat untuk membuat surat wasiat sebaiknya dilakukan saat masih berada di usia produktif seperti umur 40 tahun sampai 45 tahun.

Bagi Anda yang belum mengerti bagaimana cara pembagian dan penulisan surat wasiat, berikut yang harus diperhatikan.

Kumpulkan Informasi

Mulailah mengumpulkan berbagai informasi tentang harta, aset, dan nilai kekayaan, serta informasi tentang pajak yang telah dibayarkan atau belum di bayarkan oleh Anda. Jika warisan dalam bentuk rumah, hal yang mesti jelas adalah alamat rumah, luas, dan perkiraan harga objek pajak (NJOP). Tanyakan juga apakah rumah itu masih dimiliki secara utuh atau sedang/pernah diagunkan ke bank.

Rinci secara Detail

Rinci secara detail segala bentuk saham atau obligasi yang Anda miliki, mulai dari jumlah nilai, tingkat dividen, tanggal transaksi dan hal lain. Serta jumlah hutang yang dimiliki, berapa nilai hutang, tingkat bunga, kapan transaksi utang terjadi dan kepada siapa berhutang. Hal ini penting karena utang juga menjadi hal yang “wajib” untuk diwariskan.

Tanyakan Pertanggungan Asuransi

Hal ini yang paling banyak ditanyakan ketika Anda akan membuat surat wasiat. Hal ini penting untuk dicantumkan dalam surat wasiat. Tidak  hanya itu, hal lain yang juga harus ditanyakan adalah pertanggungan asuransi yang dimiliki, nama perusahaan tersebut, alamat, agen, tipe asuransi sampai dengan nilai pertanggungan.

Informasi ini diperlukan untuk mengetahui nilai pertanggungan asuransi, yang biasanya juga menanggung/mengganti biaya kematian.

Data Pribadi

Dalam surat wasiat, Anda juga diwajibkan mencantumkan informasi dan data pribadi dari seluruh keluarga penerima waris.

Biaya yang Dikeluarkan

Terakhir adalah membuat kategori data di atas dan menghitung biaya yang harus diperlukan untuk pembuatan surat wasiat tersebut. Untuk melakukan hal tersebut, Anda bisa menggunakan jas konsultasi keuangan tertentu, pengacara, atau notaris yang mengerti soal hukum.

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section