1. HOME
  2. FINANCE
CEK AJA

Jika Bijak Atur Uang, 6 Benda Ini Aman Dibeli Kredit

Beberapa benda malah bisa lebih menguntungkan jika dibeli secara kredit.

By Dwifantya Aquina 26 Juli 2016 08:09
Ilustrasi belanja dengan sistem kredit (americangenius.com)

Money.id - Ada yang masih beranggapan, beli barang atau keperluan secara kredit bisa memberatkan keuangan. Khususnya bagi beberapa benda tertentu yang harganya terbilang mahal.

Nyatanya semua itu tidak benar. Pada dasarnya selama Anda bisa bijak mengatur keuangan, maka tidak ada larangan membeli sesuatu secara kredit. Bahkan beberapa benda malah bisa lebih menguntungkan jika dibeli secara kredit. Berikut adalah daftar benda-benda yang bisa Anda beli secara kredit seperti dikutip CekAja.com.

Mobil

Masih banyak orang yang takut unutk membeli mobil secara kredit. Padahal jika uang yang tersedia hanya cukup untuk bayar uang muka dan pembelian mesti dilakukan dengan cara dicicil, sedangkan kebutuhan sudah mendesak, maka kredit mobil adalah pilihan yang terbaik.

Catatannya, pastikan Anda benar-benar menyiapkan segalanya dengan matang. Pastikan apabila jumlah cicilan kredit mobil tidak lebih besar dari 1/3 gaji. Pilih jangka waktu kredit dengan bijak. Sebab, jangka waktu kredit yang pendek biasanya mengurangi beban bunga, walaupun nilai cicilannya akan lebih besar.

Sebaliknya, jangka waktu kredit mobil yang panjang akan menambah beban bunga, namun nilai cicilannya biasanya akan lebih kecil. Pertimbangkan dan sesuaikan dengan kebutuhan. (Baca juga: 8 Alasan Mengapa Sampai Sekarang Kamu Susah Kaya)

Smartphone

Saat ini sudah banyak smartphone canggih. Bahkan, dalam waktu berasamaan bisa hampir lebih dari 5 merek mengeluarkan produk barunya secara bersamaan. Sebut saja merek smartphone raksasa yaitu iPhone dan Samsung. Melalu penawaran fitur dan kualitas terbaik, mereka memaksa Anda untuk mengatur bujet demi membelinya.

Sayangnya, smartphone dengan fitur yang canggih, maka harganya pun bisa lebih. Karena itu pembelian secara kredit juga bisa dijadikan pilihan. Cobalah untuk membeli smartphone secara kredit dengan kartu kredit. Sebab saat ini banyak kartu kredit tawarkan banyak promo menarik seperti bunga 0% dan bahkan cashback. Jadi, Anda bisa lebih hemat dan lebih untung saat membelinya.

Properti

Sudah bukan rahasia lagi kalau harga properti semakin melambung tinggi. Karena itu kredit properti jadi pilihan yang tepat untuk membantu seseorang memiliki properti seperti rumah atau apartemen.

Alasannya satu, seba harga apartemen atau rumah tidak terjangkau jika dibeli secara tunai. Selain itu, pembelian secara kredit dengan bunga yang masuk dengan bujetmu justru menguntungkan secara finansial. (Baca juga: Strategi Siapkan Uang Muka Beli Rumah dalam Dua Tahun)

Motor

Memang, harga motor memang tidak semahal harga mobil. Namun tetap bagi beberapa orang membeli motor secara tunai bisa memberatkan keuangan. Namun, kalau ingin kredit motor baru sebaiknya harus pintar-pintar memilih.

Cobalah untuk pilih merek dan jenis motor baru yang tidak jatuh sat dijual kembali. Selain itu, jangan lupa untuk pikirkan biaya harian si kuda besi dan servis rutinnya.

Tas Mahal

Bagi wanita, membeli tas bermerek terkenal dengan harga mahal tentu memberi kepuasan tersendiri. Walau begitu, kamu harus bijak dalam mengatur keuangan. Tidak ada salahnya membeli tas mahal yang harganya mencapai jutaan rupiah dengan kartu kredit. (Baca juga: 5 Hadiah Pernikahan Unik Tapi Murah Meriah)

Alat musik

Bagi para pecinta musik, gear atau alat musik merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dalam hidup. Mengingat biasanya alat musik yang bagus memiliki harga yang relatif mahal, maka sebaiknya kamu memilih pembelian secara kredit.

Tidak perlu repot-repot, gunakan kartu kredit yang saat ini dimiliki dan cari penawaran serta promo menarik. Kalau belum punya kartu kredit, segera bikin sekarang juga.

 

 

 

 

 

 

 

(da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section