1. HOME
    2. FRESH
KESEHATAN

Begini Cara Deteksi Bila Ada Masalah dalam Tubuh Anda

...tidak ada proses penyakit yang terjadi tiba-tiba. Tapi manifestasi bisa datang tiba-tiba.

By Stella Maris 3 Agustus 2016 09:38
Ilustrasi Kondisi Kesehatan (Kuer.org)

Money.id - Indonesia berduka atas kepergian penyanyi bersuara emas, Mike Mohede. Dia meninggal karena diduga mengalami serangan jantung saat sedang tidur.

Terkait hal itu, sebenarnya tidak ada proses penyakit yang terjadi tiba-tiba. Tapi manifestasi bisa datang tiba-tiba. Namun sebenarnya apabila ada sesuatu yang tak beres pada organ tubuh Anda, dapat dideteksi.

Praktisi Klinis yang juga Dokter dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Ari Fahrial Syam mengatakan, gejala yang sering muncul adalah sesak napas, lelah yang tidak seperti biasanya, nyeri di dada terutama dada kiri.

(Mike sempat mengeluh sesak nafas/Instagram)

Nyeri di daerah ulu hati setelah atau saat melakukan aktivitas olah raga tertentu merupakan gejala yang harus diamati, dan dievaluasi lebih lanjut.

"Gangguan kesehatan harus diidentifikasi dengan pemeriksaan. Check up merupakan hal penting yang harus dilakukan, namun kerap diabaikan," kata Ari seperti dikutip dalam siaran persnya, Rabu 3 Agustus 2016.

Dia melanjutkan, pemeriksaan treadmill merupakan salah satu screening yang bisa mengidentifikasi adanya permasalahan pada jantung. Saat pemeriksaan itu, Anda akan melakukan aktivitas jalan, secara bertahap berlari dimana aktifitas jantung akan direkam dengan EKG.

Tekanan darah, nadi dan keluhan lain yang muncul selama kegiatan treadmill akan dipantau.

SELANJUTNYA>>> Ini Faktor Risio Kelainan Jantung

 

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Fresh Section