1. HOME
  2. FRESH
TIPS SEHAT

Tahukah Anda, Ini 4 Khasiat Jengkol untuk Tubuh

Selain memiliki bau yang menyengat, ternyata jengkol sangat berguna untuk tubuh.

By Abdul Kharis 27 Juni 2016 19:15
Jengkol (na2rehealth.blogspot.com )

Money.id - Jengkol adalah sayuran yang cukup ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh. Sayuran ini juga merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia dan memiliki rasa yang sangat khas disertai bau yang menyengat.

Selain memiliki bau yang menyengat, ternyata jengkol sangat berguna untuk tubuh. Salah satu kegunaan jengkol untuk tubuh adalah mencegah anemia.

Mengutip dari vegetafruit.com, Senin, 27 Juni 2016, berikut adalah manfaat jengkol untuk tubuh Anda.

1. Mencegah anemia

Jengkol kaya akan zat besi di mana zat besi ini sangat berperan untuk mencegah dan mengatasi kurangnya produksi sel-sel darah merah dalam tubuh. Orang yang sering mengkonsumsi jengkol akan-kaya zat besi dan tidak akan terserang anemia atau kekurangan sel-sel darar merah.

2. Mencegah diabetes

Selain anemia, jengkol juga dapat mencegah timbulnya penyakit diabetes. Di dalam buah jengkol terdapat zat yang tidak ditemukan pada bahan-bahan makanan lainnya, zat tersebut dinamakan zat asam jengkolat yang dipercaya mampu mencegah diabetes.

3. Stabilkan organ-organ penting dalam tubuh

Organ-organ penting dalam tubuh akan berfungsi dengan baik dan stabil bila tubuh terpenuhi kebutuhan asam folat dan vitamin B6. Jengkol adalah makanan yang kaya dengan dua zat tersebut, sehingga akan menjaga organ-organ penting dalam tubuh seperti jantung untuk bekerja dengan baik.

4. Mengontrol kadar gula darah

Jengkol berguna untuk mengontrol kadar gula darah sehingga dapat dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Jengkol mengandung zat gula yang mudah terurai. Zat itu kemudian akan diubah menjadi energi oleh tubuh dan mampu untuk mengontrol kadar gula darah. (poy)

 

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section