1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Catat, Tips Berbuka Puasa Aman di Jalan Saat Macet

Berikut tips berbuka puasa aman di jalan saat sedang terjebak macet.

By Azalia Amadea 22 Juni 2016 15:05
Ilustrasi macet (merdeka.com)

Money.id - Pernahkah sebagian dari Anda merasakan berbuka puasa di jalan? Umumnya hal ini terjadi pada mereka yang bekerja dan berdomisili jauh dari kantor. Bisa jadi saat berbuka puasa di jalan belum mempersiapkan makanan atau minuman apapun.

Akan semakin sulit ketika di sekeliling Anda tidak ada yang menjual makanan maupun minuman, sementara waktu berbuka puasa telah tiba. Agar hal tersebut tidak terjadi, sebaiknya Anda mengikuti beberapa tips berikut ini. Melansir berbagai laman Rabu 22 Juni 2016, berikut tips berbuka puasa aman di jalan terutama saat macet.

Persiapkan Camilan dan Air Putih 

Camilan dalam mobil/thesimpleparent.com

Sebelum memutuskan untuk pulang dari kantor ada baiknya Anda persiapkan beberapa camilan di tas atau di mobil Anda. Minimal Anda sudah membeli air mineral botolan untuk membatalkan puasa jika terkena macet saat pulang. Akan lebih mudah bagi Anda yang memiliki kendaran pribadi, simpanlah beberapa camilan seperti biskuit di mobil untuk jaga-jaga saat berbuka puasa.

Anda tidak akan menemui kesulitan jika mungkin saat di jalan ada pedagang minuman atau makanan kecil yang menjajakan dagangannya. Namun, jangan lupa untuk memilih-milih makanan atau minuman yang akan dikonsumsi saat berbuka agar tidak sakit perut.

Pilih Makanan yang Manis

Berbuka ada baiknya dengan tiga buah kurma. Kandungan gula alami dalam kurma sangat baik untuk menambah tenaga dalam tubuh. Namun jika Anda tidak mempersiapkan buah kurma di tas, sebaiknya berbukalah dengan makanan manis lainnya.

Anda juga dapat berbuka dengan minuman manis seperti teh botolan. Jangan juga membiasakan diri untuk berbuka dengan goreng-gorengan saat di jalan. Kandungan minyak dalam gorengan tidak baik bagi tubuh dan dapat menyebabkan kolesterol.

Pastikan Situasi Aman

Jika Anda terpaksa berbuka puasa di jalan, sebaiknya Anda menepi terlebih dahulu. Jangan makan atau minum sambil menyetir, hal tersebut dapat membahayakan Anda.

Jika Anda sedang berada di tol, sebaiknya Anda berhenti dan mampir sejenak di rest area untuk berbuka puasa. Dalam rest area banyak tempat makan dan minum jika Anda tidak sempat membawanya saat berbuka puasa. (dwq)

Baca Juga

 

(aa/aa)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Fresh Section