1. HOME
  2. FRESH
FRESH

Ketumbar, Rempah-Rempah 'Sakti' untuk Obati Insomnia

Rempah-rempah ini memiliki nama ilmiah coriandrum sativum dan sangat mudah mendapatkannya di pasar tradisional.

By Abdul Kharis 20 Juni 2016 10:12
Ketumbar (seedguides.info)

Money.id - Ketumbar adalah rempah yang banyak terdapat pada wilayah Asia, terutama di Indonesia. Bukan hanya sekedar rempah-rempah, ternyata ketumbar dapat mengobati insomnia.

Rempah-rempah ini memiliki nama ilmiah coriandrum sativum dan sangat mudah mendapatkannya di pasar tradisional. Ibu-ibu pun selalu membuat bumbu dapur menggunakan ketumbar.

Mengutip dari organicfacts.net, Senin, 20 Juni 2016, berikut adalah empat khasiat daun ketumbar untuk kesehatan tubuh.

1. Mengobati Insomnia

kandungan fitonutrien dan zat lain dalam daun ketumbar yang memiliki senyawa obat dapat membantu menyeimbangkan bahan kimia dalam tubuh. Proses ini dapat memberikan efek menenangkan pada saraf yang memungkinkan tidur yang lebih mudah.

2. Mengurangi tekanan darah tinggi

Mengkonsumsi daun ketumbar telah terbukti positif mengurangi tekanan darah pada banyak pasien yang menderita hipertensi. Interaksi ion kalsium dan kolinergik, neurotransmitter di sistem saraf perifer dan pusat, lebih umum dikenal sebagai asetilkolin.

Interaksi kedua unsur pembuluh darah tersebut dapat mengurangi kemungkinan sejumlah kondisi kardiovaskular, termasuk serangan jantung dan stroke.

3. Menjadi antibiotik

Setelah dilakukan penelitian mengenai daun ketumbar, ternyata didalamnya terdapat suatu senyawa antibiotik, dodecenal, yang telah diuji di laboratorium. Hasil penelitian tersebut cukup mengesankan dan menunjukkan bahwa kandungan antibiotik tersebut dua kali lebih efektif untuk membunuh bakteri di dalam makanan.

4. Mengobati peradangan kulit

Cineole, salah satu dari 11 komponen minyak esensial, dan asam linoleat, keduanya merupakan zat yang terdapat dalam daun ketumbar, kedua zat tersebut mereka memiliki sifat antirematik dan antiartritik.

Efek daun ketumbar juga dapat membantu pengurangan peradangan kulit dan membuat kulit Anda lebih segar.

baca juga

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section